Puas menikmati pantai, lelah menjelajahi Gili-gili, Gunung Rinjani pun sudah didaki, Lombok punya apa lagi? Ternyata wisata Lombok juga memiliki lusinan air terjun cantik yang sayang jika dilewati. Pada kesempatan ini, team Sasambo Tour akan menuliskan beberapa air terjun di Lombok yang bisa anda masukkan dalam itinerary perjalanan Anda.

WISATA AIR TERJUN DI LOMBOK

Pesona 8 air terjun di Lombok menjadi judul tulisan pada kesempatan ini. Sebenarnya masih banyak lagi air terjun yang tak kalah indah, bahkan ada beberapa air terjun yang belum bisa diakses sama sekali di Lombok, Kami akan terus mengupdate tulisan ini pada kesempatan berikutnya

1. AIR TERJUN BENANG STOKEL

Air Terjun Benang Stokel terletak di Desa Aiq Beriq, Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah. Terletak sekitar 45 kilometer dari kota Mataram ssebagai ibukota provinsi, anda hanya membutuhkan sekitar 30 menit perjalanan untuk mencapai pintu gerbang kawasan hutan tempat air terjun.

Air terjun lombok benang stokel

Termasuk dalam kawasan hutan Taman Nasional Gunung Rinjani, kawasan hutan ini menyajikan kesegaran bagi setiap pengunjung.Untuk memasuki kawasan hutan, anda membutuhkan Rp. 5000 rupiah saja. Harga tersebut sudah termasuk uang parkir kendaraan. Wilayah ini aman sehingga anda tak perlu ragu untuk meninggalkan kendaraan dan menikmati pemandangan yang disuguhkan. Sekitar 5 menit dari pintu masuk kawasan hutan, anda akan disuguhkan pemandangan dua buah air terjun. Air terjun benang stokel disebut juga air terjun kembar oleh masyarakat sekitar. Di dekat air terjun terdapat beberapa berugak (Gazebo, sasak red) yang bisa dijadikan sebagai tempat duduk bagi para pengunjung.

2. AIR TERJUN BENANG KELAMBU

Masih dalam satu kawasan hutan dengan Air Terjun Benang Stokel, terdapat air terjun lain yang sangat unik. Air Terjun Benang Kelambu menjadi salah satu air terjun pavorit bagi wisatawan yang berkunjung ke Pulau Lombok. Dari lokasi Air Terjun Benang Stokel, anda perlu berjalan melewati hutan yang masih sangat alami. Saat musim durian tiba, anda bisa mampir untuk membeli durian langsung pada penduduk setempat.

Air terjun lombok benang kelambu

Sepanjang jalan juga terdapat beberapa penjual yang menjajakan makanan dan minuman ringan.Jika anda ingin menikmati segelas kopi Lombok, anda juga menikmatinya di sini.Sekitar 20 menit berjalan tak akan terasa sambil menikmati pemandangan yang ada. Sesekali ada kawanan monyet yang lewat atau satu dua jenis burung menyapa dengan suara yang khas.Air Terjun Benang kelambu terlihat seperti helai benang putih yang dibentangkan pada hijaunya dedaunan. Anda harus menuruni ratusan anak tangga untuk mencapai air terjun ini. Di bawah air terjun terdapat kolam renang. Melompat ke dalam kolam sambil menikmati dinginnya air terjun adalah pengalaman yang akan sangat berkesan bagi siapapunyang berkunjung ke Air Terjun Benang Kelambu.

3. AIR TERJUN TIU TEJA

wisata air terjun di lombok tiu teja

Selain Air Terjun Benang Stokel, terdapat satu lagi air terjun kembar di Pulau Lombok yaitu air Terjun tiu Teja. Air terjun ini terletak di Desa Santong, Lombok Utara. Air terjun ini populer sekitar dua tahun terakhir dan pernah dijadikan tempat syuting salah satu program TV yang lagi ngetrend yaitu My Trip My Adventure.Membutuhkan sekitar 1,5 jam perjalanan dari kota Mataram untuk bisa mencapai pintu masuk air terjun.

Anda hanya membutuhkan tiket seharga Rp.3000 dan uang parkir Rp.2000. Parkir di area ini masih dikelola oleh masyarakat sekitar, akan tetapi anda tak perlu khawatir karena wilayah ini termasuk wilayah yang aman.

“Welcome to Tiu Teja”, kalimat yang akan menyambut anda saat akan mulai turun ke lokasi air terjun Tiu Teja. Jalan menurun yang cukup curam dan sempit membuat pengunjung harus berhati-hati. Lokasi air terjun ini sangat cocok untuk pecinta wisata petualangan. Rasa lelah akan terbayar saat sampai di bawah air terjun. Di lokasi ini belum ada kamar mandi dan belum ada penjual makanan sehingga para pengunjung perlu membawa bekal.

4. AIR TERJUN TIU SEKEPER

tiu sekeper

Tidak jauh dari Air terjun Tiu Teja, terdapat juga air terjun lain yang tak kalah indah, bahkan air terjun ini merupakan air terjun tertinggi di Lombok, dan salah satu dari 10 Air terjun tertinggi di Indonesia, air terjun Tiu Sekeper. Dengan ketinggian mencapai 100m lebih, Tiu sekeper menyajikan pemandangan yang luar biasa. Dibutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan untuk bisa sampai ke lokasi air terjun Tiu sekeper. Anda bisa lihat pada postingan “Tiu Sekeper, Air terjun tertinggi di Lombok” untuk lebih jelasnya.

5. AIR TERJUN SENDANG GILE

sendang gile waterfall

Air Terjun Sendang Gile terletak di Desa Senaru, Lombok Utara. Tepat berada di kaki Gunung Rinjani memnjadikan air terjun ini sangat populer di kalangan wisatawan yang berkunjung ke Pulau Lombok. Air terjun ini seolah menjadi destinasi yang wajib dikunjungi di Pulau Lombok.”Mengapa di sebut Sendang Gile?”. Konon katanya para pengunjung bisa gila karena banyaknya anak tangga yang harus di naiki saat pulang dari air terjun ini. Tapi rasa lelah itu sepadan dengan keindahan yang bisa anda nikmati.

Air Terjun Sendang Gile cukup tinggi dengan air terjun yang bertingkat. Percikan air terjun seringkali membentuk pelangi saat terkena bias sinar matahari. Terlihat sangat indah. Di dekat air terjun terdapat fasilitas kamar mandi. Di sini tidak ada penjual makanan sehingga wisatawan perlu membawa makanan ataupun minuman.

6. Air Terjun Tiu Kelep

air terjun tiu kelep

Air Terjun Tiu Kelep, Tiu dalam bahasa sasak berarti air, dan Kelep berarti Terbang. AIR TERJUN TIU KELEP merupakan air terjun di Lombok yang memiliki ketinggian sekitar 45 meter dengan debit air yang paling besar. Masih berada dalam satu kawasan hutan dengan Air Terjun Sendang Gile, air terjun ini menjadi salah satu icon WISATA AIR TERJUN DI LOMBOK.

Anda membutuhkan waktu sekitar 30-45 menit perjalanan dari Air Terjun Sendang Gile untuk mencapai Air Terjun Tiu Kelep. Dalam perjalanan ke Air Terjun Tiu Kelep, anda akan disuguhkan pemandangan Hutan Senaru yang masih Alami, Menyebrangi sungai dangkal dengan aliran air yang jernih dan Deretan bebatuan menjadi pemangkas rasa lelah selama perjalanan. Lihat pesona keindahan air terjun tiu kelep dalam postingan “Pesona air terjun Tiu kelep

7. AIR TERJUN MANGKU SAKTI

air terjun mangku sakti sembalun

Air terjun Mangku Sakti yang terletak di Desa Sajang Kecamatan Sembalun bisa merupakan salah satu spot wisata yang anti-mainstream di Pulau Lombok. Dengan air yang berwarna hijau toska karena kandungan belerang di dalamnya, air terjun ini dipercayai dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Selain itu, air terjun ini memiliki dinding batu dengan bentuk yang sangat unik.

Nama Mangku Sakti berasal dari kisah seorang pertapa zaman dahulu yang melakukan meditasi di air terjun ini. Dalam kepercayaan masyarakat adat Desa Sajang, Kecamatan Sembalun seorang mangku adalah orang yang dituakan atau orang yang dipercaya. Air terjun Mangku Sakti merupakan primadona baru destinasi wisata Lombok. Lokasi air terjun yang terletak di dalam hutan Taman Nasional Gunung Rinjani menjadikannya spot wisata yang digemari pecinta petualangan.

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Air terjun Mangku Sakti bisa membaca informasi lengkapnya di postingan Pesona Air Terjun Mangku Sakti Sembalun

8. AIR TERJUN KUDA SEMBRANI

Air terjun Kuda Semberani terletak dalam satu kawasan hutan dengan Air Terjun Mangku sakti. Untuk mencapai air terjun kude sembrani kita harus trekking melewati jalanan yang berbatu sekitar 200 meter dari Air terjun Mangku sakti. Keunikan dari air terjun ini adalah aliran airnya yang berkelok mengikuti kontur batu yang unik. Ketinggian air terjun ini kurang lebih 10 m dan membentuk sebuah kolam dengan air berwarna hijau toska yang diakibatkan oleh kandungan belerang.

Demikian tadi postingan beberapa Wisata air terjun di Lombok yang bisa dihadirkan oleh team Wisata Lombok Sumbawa, walaupun masih ada begitu banyak Air terjun di Lombok yang juga tak kalah indah. Semoga pada kesempatan yang lain, kami bisa tambahkan pada postingan ini. Salam Wisata, lets get lost in lombok and Sumbawa

Pin It on Pinterest

Shares
Share This