Lombok Utara merupakan kabupaten termuda di Pulau Lombok. JIka kita mengenal Lombok timur, Lombok Tengah dan Lombok barat dengan wisata pantai dan gili-gili yang dimilikinya, Lombok Utara memiliki Objek wisata andalan yakni Air Terjun. Di  Lombok Utara, ada lusinan objek wisata Air terjun yang siap memukau setiap wisatawan yang mengunjunginya. Salah satunya adalah air terjun Tiu Sekeper yang terletak di Desa Santong .

Lihat juga postingan Pesona 6 Air terjun di Pulau Lombok

Di Desa Santong, setidaknya terdapat 4 Objek wisata Air Terjun, yakni Air terjun Tiu Bumbung, Air Terjun Tiu Teja, Air Terjun Tiu Sekeper dan Air Terjun Tiu Sampurarung. Keempat Air terjun di wilayah Santong ini memiliki keunikan masing-masing. Jadi, jika mengunjungi objek wisata air terjun di Desa Santong, perjalanan anda akan terasa kurang lengkap jika anda tidak mengunjungi keempat objek wisata air terjun tersebut.

Pada kesempatan ini, kami akan mengajak Anda untuk mengenal lebih jauh pesona Air terjun Tiu sekeper. Untuk air terjun Tiu teja, pada kesempatan sebelumnya Team sasambo Tour pernah membahasnya dalam tulisan “Air terjun Tiu Teja, si Kembar dari Lombok Utara“. Tiu Bombong dan Tiu Sampurarung kami akan bahas pada kesempatan berikutnya.

Video Air Terjun Tiu Sekeper

PESONA AIR TERJUN TIU SEKEPER

tiu sekeper

Air terjun Tiu Sekeper (Tiu Sekeper Waterfall) merupakan air terjun tertinggi di Lombok, dan salah satu dari 10 air terjun tertinggi di Indonesia. Sekeper diambil dari nama bukit tempat air terjun ini berada, Bukit Sekeper. “Tiu” sendiri dalam bahasa sasak bisa diartikan kolam atau bendungan. Lokasi air terjun ini di dalam hutan yang masih sangat alami, bahkan bisa dikatakan tersembunyi. Seringkali para wisatawan yang nekat pergi tanpa guide, atau karna pernah pergi sekali sebelumnya, malah tersesat, tidak sampai ke lokasi air terjun dan parahnya tidak tahu jalan pulang. Seperti dua kejadian sebelum Team kami pergi, ada yang tersesat sampai ke hutan Adat, ada yang tak pulang sampai larut malam hanya menungu dan putus asa, setelah dilakukan pencarian mereka bisa ditemukan dan dibawa pulang.

AKSES KE LOKASI AIR TERJUN TIU SEKEPER

Tiu Sekeper

Dari Mataram, dibutuhkan waktu sekitar 1-2 jam perjalanan untuk sampai ke Desa Santong. Untuk pengendara roda 4, Mobil hanya bisa diparkir di Gerbang depan pintu masuk air terjun, dan untuk pengendara roda 2 Motor bisa kita bawa masuk sampai di lokasi parkiran air terjun Tiu Teja. Jadi bagi pengendara roda 4, harus berjalan sekitar 1 km untuk sampai ke Area parkir Air terjun Tiu Teja. Motor dan barang bawaan anda bisa anda titipkan dan dijamin keamanannya oleh para pengelola wisata air terjun. Dari Area parkiran Tiu teja inilah, perjalanan menuju Tiu sekeper di Mulai.

perjalanan ke Tiu sekeper

Setengah perjalanan menuju Lokasi air terjun Tiu Sekeper, kita akan melewati perkebunan warga Desa Santong, Pastikan anda tidak tergoda untuk memetik buah Durian, alpukat, Kakau, Pisang dan buah lainnya milik warga. Anda akan melewati kebun Kopi dan Cengkeh sebelum benar-benar masuk ke hutan Tempat air terjun Tiu Sekeper  Berada.

bunut ngengkang helter tiu sekeper

Post pertama trek menujut tiu sekeper adalah di sebuah Pohon purba usia ratusan Tahun, Bunut Ngengkakng.

Ada dua pos perhentian sebelum sampai ke Air terjun Tiu Sekeper. Pos Pertama adalah di lokasi Pohon purba “Bunut Ngengkag” (Bunut = Pohon Beringin | Ngengkang = Kaki Terbuka), disini terdapat Pohon Beringin berusia ratusan Tahun yang memiliki Akar seperti kaki, dua kaki yang  terbuka (Ngengkang), dan kita akan lawat diantara kaki Pohon Beringin tersebut. Ada mitos di masyarakat Desa Santong, Dulu ketika salah seorang warga desa pulang dari aktivitas berkebun, karna hujan, warga tersebut memutuskan untuk berteduh di Pohon beringin tersebut. Baru saja berteduh, tiba-tiba warga tersebut hilang. Setelah dilakukan pencarian berulang kali, warga yang hilang tersebut berhasil ditemukan di bawah Pohon Beringin tersebut dalam kondisi kebingunan. Warga tersebut lalu menceritakan pengalaman, bahwa dirinya berada diruangan gelap seperti didalam pohon dan diterangi oleh cahaya yang keluar dari mata ular. Masyarakat setempat percaya pohon beringin ini memiliki penunggu seekor Ular Besar, sehingga jangankan ditebang, tergores oleh pisau atau parang saja pohon ini tidak pernah.  Cerita ini sedikit menyurutkan niat kami untuk ber-selfie ria di bahawa Pohon Bunut Ngengkang ini. Tapi ini Cuma Mitos, benar atau tidak bukan hal yang harus kita takutkan atau khawatikan, Karna ada Tuhan yang jauh lebih layak untuk itu.

pos ke dua tiu sekeper

Pastikan anda istrirahat setelah sampai pada pos ke dua. Air terjun Tiu sekeper memang tidak terlalu jauh dari post ini, akan tetapi trek yang akan dilalui akan semakin menantang

Pos 2 terlatak sekitar setengah kilometer sebelum jalan turun ke Lokasi Air terjun Tiu Sekeper. Pos 2 ini biasa digunakan untuk berkemah dan bermalam bagi yang ingin ke lokasi Air terjun Tiu Sampurarung. Istirahat minum dan menyantap bekal yang ada bawa bisa menjadi pilihan yang tepat, sebelum melanjutkan perjalanan ke Lokasi Air terjun. Tapi perlu diingat, kemanapun awak nak pergi hiking, climbing, camping, explore, jangan pernah tinggalkan sampah plastic.

Ada sekitar setengah kilometer perjalanan Turun menuju air terjun Tiu Sekeper, agak curam, licin, apalagi musim hujan, “tak apa merayap asal selamat” Kata pak Amat, pemandu wisata yang menemani kami. Selama perjalanan turun ini, anda akan disuguhkan pemandangan eksotis alam hutan, tebing batu, udara lembab, suara burung-burung aneh, suara angin yang tak biasa, Pohon-pohon tua kekar meraksasa, dan akar-akar begelantungan, memunculkan imajinasi untuk bermain adegan tarzan. Having fun, but safety first.

tiu sekeper

Setelah berjalan sekitar 30-40 menit dri pos 2, suara air terjun Tiu Sekeper mulai terdengar. Suara hempasan air dari ketinggian 102 Meter ini menciptkan music alam yang memompa semangat berjalan berpuluh kilometer lagi. Dan sampailah kita pada tujuan, “megah” adalah kesan pertama dalam benak saya ketika menyaksikan Pesona Tiu Sekeper.

TIPS BERWISATA KE AIR TERJUN TIU SKEPER.

tiu sekeper

  • Karena ini adalah perjalanan yang membutuhkan waktu  kurang lebih 4 Jam perjalanan di tengah hutan, dengan trek yang turun naik, pastikan anda cukup membawa Bekal terutama air minum.
  • Gunakan Baju dan Celana panjang, ini jadi pertimbangan karena kita akan melewati jalan setapak selebar satu kaki dan bergesekan dengan rumput dan ranting pohon. Ada banyak jenis tanaman hutan yang jika tersentuh kulit bisa mengakibatkan rasa gatal yang cukup merepotkan. Gunakan sendal gunung, atau sepatu, karna dibeberapa trek ada tanah becek berlumpur.
  • Setelah sampai ke Air terjun Tiu sekeper, pastikan anda istirahat yang cukup, mandi bila perlu, sebelum memutuskan untuk kembali pulang, Karna anda akan kembali Nge-trek jalur yang sama. Turunnya Curam, naiknya pasti terjal bukan?.
  • Sebaiknya anda tidak mandi di Kolam utama air terjun, Kolam ini memiliki kedalaman diatas 10m. Ada beberapa tempat dilokasi air terjun yang aman digunakan untuk mandi di sekitar air terjun.
  • Jika masih punya waktu dan tenaga, ketika sampai di pos pemberangkatan, seru juga untuk mandi membersihkan diri di air terjun tiu Teja.

tiu sekeper

Demikian kisah perjalanan Team sasambotour | Wisata Lombok Sumbawa ke air terjun tertinggi di Lombok Tiu Sekeper. Nantikan perjalanan kami berikutnya ke Air terjun diatasnya Tiu Sampurarung. Lets get lost ini Lombok and Sumbawa.

Pin It on Pinterest

Shares
Share This