“Hiden paradise of Lombok” sangat cocok sebagai julukan untuk Pantai Tanjung Bongo. Pantai ini letaknya tersembunyi di balik Bukit Mereseq yang begitu populer dikalangan wisatawan. Selama ini, kebanyakan wisatawan sudah merasa puas hanya dengan melihat keindahan Bukit Mereseq sehingga terhenti hanya di bagian barat bukit. Jika kita melangkah terus ke ujung timur Bukit Mereseq, kita akan menemukan tiga pantai salah satunya Pantai Tanjung Bongo yang berada di paling ujung.

PESONA PANTAI TANJUNG BONGO

tanjung bongo lombok tengah

Tanjung Bongo memiliki garis pantai yang tidak terlalu panjang dengan pasir putih bersih. Karena belum banyak pengunjung yang menikmati keindahannya, pantai ini sangat sepi. Pada saat team sasambotour.com mengunjungi Pantai Tanjung Bongo, tidak ada satu orangpun di pantai ini, padahal saat itu bertepatan dengan hari libur.

Kurangnya informasi menjadi salah satu penyebab selain track yang dilewati untuk sampai ke pantai ini lumayan menantang bagi traveler pemula. Dari ujung barat Bukit Mereseq kita harus berjalan menyusuri bukit sekitar 10-15 menit sambil mengambil gambar. Setelah sampai di ujung timur Bukit Mereseq kita harus menuruni bukit melewati jalan sempit yang ditumbuhi pohon-pohon pandan berduri.

tanjung bongo lombok tengah
pantai tanjung bongo
Selain melewati Bukit Mereseq, kita juga bisa mengunjungi Tanjung Bongo dengan menyusuri pantai Tanjung Aan di bagian barat saat air laut sedang surut. Moment surutnya air laut bisa terjadi pada pagi hari atau bisa juga pada sore hari. Selain itu, kita juga bisa melewati jalur laut dengan menggunakan perahu dari Pantai Tanjung Aan. Harga sewa perahu sekitar Rp.150.000 sampai dengan Rp.350.000 tergantung jumlah penumpang. Akan tetapi, melewati jalur laut cukup beresiko apabila ombak sedang besar.

Karena lokasi pantai yang tersembunyi, Tanjung Bongo sangat cocok dijadikan sebagai lokasi honeymoon di Lombok. Pasir putih dengan batu karang yang indah serta bukit menjadi perpaduan yang sangat bagus dijadikan background untuk foto after wedding. Jika air laut sedang surut, di pantai ini terbentuk sebuah kolam kecil yang bisa digunakan untuk berenang. Saat air laut pasang sangat tidak disarankan untuk berenang karena ombak sangat keras disebabkan posisi pantai berhadapan langsung dengan samudera Hindia.

pantai-tanjung-bongo8 pantai tanjung bongo
Rute menuju Tanjung Bongo : Start dari Kota Mataram, kita akan melewati Bandara Internasional Lombok (BIL) Desa Sengkol-Kuta-Tanjung Aan-Bukit Mereseq-Pantai Tanjung Bongo

Pin It on Pinterest

Shares
Share This