Sekitar enam bulan terakhir terdapat sebuah spot wisata baru di Senaru Lombok Utara. Spot dimana kita bisa menikmati keindahan Air Terjun Tiu Kelep dari ketinggian. Masyarakat sekitar menyebut spot tersebut dengan nama Tebing Kelep.

Senin (14/11/2016) team sasambotour.com menemani keluarga Pak Falah yang berasal dari Majalengka ke Tebing Kelep. Kami berangkat dari Kota Mataram sekitar jam tujuh pagi melewati daerah Senggigi. Sepanjang jalan kami menikmati keindahan pantai di sebelah kiri jalan. Kami berhenti di dua spot foto populer di Lombok yaitu villa hantu dan Bukit Nipah.

villa hantu senggigi

dari villa hantu kita bisa menikmati pemandangan pantai di daerah senggigi

Villa hantu merupakan bangunan yang belum selesai dengan posisi di tepi pantai. Dari atas bangunan tersebut kami bisa melihat keindahan Pantai Stangi yang sepi dan bukit hijau di sekitarnya. Memandang birunya laut lepas pada titik ini menjadi moment seru.

Nun di sana kita bisa melihat keindahan Gunung Agung yang ada di Bali. Villa Hantu adalah nama yang diberikan oleh para pengunjung pada bangunan tersebut, tidak jelas siapa yang pertama kali mencetuskan nama tersebut. Spot tersebut kini sangat populer di kalangan wisatawan yang berkunjung ke Pulau Lombok.

bukit nipah

Menikmati pemandangan memukau dari bukit nipah.

Sekitar lima belas menit kemudian kami singgah di Bukit Nipah. Dari spot ini kami bisa melihat deretan Gili Air, Gili Meno, dan Gili Trawangan yang seolah mengapung di tengah lautan. Kami juga menikmati birunya laut berpayung bukit nan hijau. Di Bukit Nipah kami bertemu beberapa penjual mutiara Lombok. Mereka menawarkan berbagai perhiasan dari mutiara air tawar dan mutiara air laut.

Perjalanan kami berlanjut menuju Tebing Kelep. Pak Falah dan keluarga begitu penasaran ingin segera sampai tujuan. Entah berapa kali mereka bertanya “kapankah kita sampai tebing kelep?”. Daerah Senaru yang berada di Kaki Gunung Rinjani memang lumayan jauh. Membutuhkan waktu sekitar dua jam berkendara dari Kota Mataram.

Hawa dingin menyambut kami saat mulai memasuki kawasan Senaru Lombok Utara. Pak Anang selaku driver langsung membawa kami ke pintu pendakian Rinjani yang di Senaru. Untuk mencapai Tebing Kelep kami harus menggunakan ojek karena jalan kecil dan tidak bisa dilalui mobil.

Sekitar sepuluh menit mengendarai motor, kami sampai di pintu masuk area Tebing Kelep. Ternyata kedatangan kami masih terlalu pagi sehingga pintu yang terbuat dari bambu itu masih digembok. Setelah menunggu beberapa menit, sang juru kunci datang. Kami memasuki area kebun kopi dan kebun cokelat dengan penuh rasa antusias. Melangkah melewati jalan yang sedikit menurun, kami mulai mendengar suara air terjun.

Tebing kelep senaru

Keindahan Air Terjun Tiu Kelep di bawah sana begitu menawan hati. Menikmati keindahannya dari titik ketinggian menjadi hal yang patut anda coba jika berkunjung ke Pulau Lombok. Air bening mengalir dikelilingi hutan yang hijau menjadi latar berfoto yang sangat indah.

Saat itu kebahagiaanku terasa bertambah saat melihat keluarga Pak Falah begitu antusias menikmati suasan Tebing Kelep. Mereka bergiliran mengambil foto pada spot yang telah disediakan. Spot dari kayu yang menjorok dengan beban maksimal empat orang menjadi spot foto favorit saat ini. Kebahagiaan terpancar dari wajah mereka.

Di sekitar Tebing Kelep juga terdapat beberapa bangku dan meja yang terbuat dari kayu. Jika anda penikmati kopi, anda bisa memesan kopi Lombok pada ibu penjaga. Menyeruput kopi lombok sambil menikmati keindahan Tebing Kelep akan menjadi pengalaman yang berkesan.

selfie di tebing kelep senaru

Tips Berwisata ke Tebing Kelep.

• Jika anda pecinta tracking, sebaiknya tidak menggunakan ojek agar bisa menikmati suasana. Jalan yang akan dilewati tidak terlalu jauh, membutukan waktu sekitar 30 menit.
  • Sebaiknya tidak berkunjung di musim hujan karena untuk sampai ke Tebing Kelep kita melewati jalan yang belum diaspal.
  • Jangan lupa membawa bekal makanan karena di sekitar Tebing Kelep belum ada penjual.

Setelah puas menikmati pesona Tebing kelep di Desa senaru Lombok utara, Perjalananpun dilanjutkan ke tempat-tempat yang tak kalah seru lainnya. Nantikan serunya kisah perjalanan lainnya bersama team sasambo tour | Wisata Lombok sumbawa, lets get lost in Lombok and sumbawa.