Beberapa tahun belakangan ini Wisata bukit di Lombok mulai populer dan menjadi destinasi pilihan para wisatawan yang berkunjung ke Lombok. Pada postingan sebelumnya Team Sasambo tour | Wisata Lombok Sumbawa telah mengelompokkan beberapa Wisata bukit yang sedang populer di Lombok, Lihat pada postingan Pesona 6 Bukit di Pulau Lombok, dan Bukit Mereseq (Bukit Merese) salah satunya.

Bukit Merese dan Pantai yang bersembunyi di baliknya.

Bukit mereseq dikenal oleh wisatawan domestic maupun mancanegara dengan “Bukit merese” . “Mereseq” dalam Bahasa sasak Lombok dialek Pujut berarti kecil-kecil dan berisi. Ya, Bukit Merese merupakan bukit yang terdiri dari deretan  bukit-bukit kecil yang sangat cocok bagi pecinta soft tracking. Di sebelah selatan bukit mereseq terdapat beberapa pantai indah berpasir putih yang masih jarang dikunjungi seperti Pantai Mereseq, Pantai Remelang, dan Pantai Torok Bare.

Kelebihan wisata lombok dibandingkan bali bukit-meresek-loteng1 bukit-meresek-loteng3 bukit-meresek-loteng31

Pantai Mereseq memiliki pasir putih dengan garis pantai yang pendek. Pasir Pantai Mereseq sama seperti tekstur Pantai Tanjung Aan dimana pasirnya berbentuk seperti merica. Berjalan ke arah timur, terdapat Pantai Remelang dengan garis pantai yang lebih panjang. Tekstur pasir pantai ini lebih lembut. Terdapat batu karang yang indah di ujung pantai. Pantai Remelang hampir tak terexplore dan bisa dikatakan sebagai salah satu pantai tersembunyi di Lombok. Untuk mencapai pantai ini, wisatawan harus menuruni bukit dengan berhati-hati karena akan melewati jalan setapak yang dipenuhi pandan berduri.

Sebelah barat Bukit Merese terdapat Pantai Torok Bare. Pantai ini terkenal sebagai pantai dengan ombak terbesar di wilayah pantai selatan Lombok. Suara debur ombak Pantai Torok Bare dijadikan penanda bergantinya musim kemarau ke musim hujan oleh masyarakat sekitar. Pantai-pantai di sekitar bukit mereseq tidak cocok untuk berenang karena berhadapan langsung dengan Samudera Hindia yang memiliki ombak sangat besar.

Lokasi Bukit Merese Lombok

Lokasi Bukit Merese

Jika anda mencari lokasi Bukit Merese di google Map anda akan ditunjukkan lokasi yang keliru. Lokasi bukit merese adalah bagian yang dilingkari pada gambar.

Bukit Merese terletak di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok tengah, tepatnya berada di ujung barat Pantai Tanjung Aan. Ada banyak wisatawan yang kebingungan mengenai lokasi bukit ini dan akhirnya berkunjung hanya sampai Pantai Tanjung Aan saja.

Jika anda ingin ke Bukit Mereseq, masuklah ke kawasan ujung barat Pantai Tanjung Aan dan parkirlah kendaraan di dekat sebuah kafe kecil. Biaya tiket masuk sebesar Rp. 5000,- untuk sepeda motor dan Rp.10.000,- untuk mobil. Di dekat kafe tersebut terdapat jalan setapak sedikit menanjak di antara pepohonan yang menuju Bukit Mereseq. Sebenarnya jalan keatas bukit Merese cukup lebar, bahkan bisa dilwati kendaraan roda 4, tapi tekstur jalan yang berbatu dan berlubang membuatnya sulit dilewati kendaraan, barangkalai orang-orang expert dan kendaraan yang cocok saja yang bisa melewatinya.

Aktivitas di Bukit Merese

Pohon bukit merese

Bukit Mereseq merupakan hamparan bukit-bukit kecil yang ditumbuhi rumput. Saat musim kemarau, bukit Mereseq terlihat eksotis kecoklatan, tapi di musim hujan, Bukit Mereseq menghijau dan sangat indah. Dari atas Bukit Mereseq, kita bisa melihat keidahan pantai Tanjung Aan dari ujung barat hingga ujung timur. Pesona pantai Tanjung Aan yang merupakan pantai terpanjang di Pulau Lombok sangat menawan dari atas bukit.

Bukit-Meresek bukit-meresek-loteng5 pengembala-bukit-meresek bukit-meresek-loteng9

Bukit Mereseq merupakan tempat yang sangat cocok untuk dijadikan lokasi foto prewedding atau prawedding. Perpaduan bukit hijau, laut biru, dan pasir putih menjadi latar foto yang sangat indah. Bukit Mereseq merupakan spot yang sangat tepat untuk menikmati sunrise. Dari atas Bukit Mereseq kita bisa melihat matahari terbit dari bukit yang berada di ujung timur Pantai Tanjung Aan.

Tips wisata ke Bukit Merese

Bukit Merese yang terletak di dekat pantai membuat suhu udara di sekitanya sangat panas, ada baiknya sebelum ke Bukit Merese anda memakai sun block. Di Bukit Mereseq hanya ada satu pohon sebagai tempat berteduh, jadi bagi yagn tidak biasa berpanas-panas dengan Matahari disarankan sebaiknya membawa payung. Di bukit mereseq belum ada fasilitas apapun sepeti toilet dan tempat pembuangan sampah, jadi sebaiknya anda membawa turun sampah dan di buang di tempat sampah di sekitar Pantai Tanjung Aan. Jangan lupa membawa makanan dan minuman karena menyusuri bukit Mereseq dari ujung barat hingga ujung timur cukup menguras energy.

Bukit Merese Lombok tengah

Pin It on Pinterest

Shares
Share This