Selama ini banyak orang yang menyebut bahwa Pulau Lombok adalah anaknya Pulau Bali. Atau ada ungkapan yang berkembang “ kalau ke Bali, sekalian saja ke Lombok”. Bahkan ada sebuah buku yang judulnya “ Dong ayok ke Lombok, Cuma 30 menit dari Bali”. Kalimat-kalimat tersebut menggambarkan bahwa posisi Pulau Lombok seolah berada di bawah posisi Pulau Bali.

Dengan kata lain, selama ini kebanyakan wisatawan menganggap bahwa mengunjungi Pulau Lombok adalah opsi kedua setelah mengunjungi Pulau Bali. Pilih Liburan ke Bali atau Lombok?

Alasan Kenapa Kamu sebaiknya Pilih Traveling ke Lombok

Keindahan alam Pulau Lombok sejatinya tidak kalah dengan Pulau Bali. Pulau Lombok kini menjadi sorotan publik setelah memenangkan dua penghargaan sekaligus dalam acara World Halal Travel Summit 2015 yang digelar di Abu Dhabi. Dalam acara tersebut, Pulau Lombok di daulat sebagai world best halal destination dan sebagai world best halal honeymoon destination. Penghargaan tersebut menegaskan posisi Pulau Lombok di kalangan wisatawan domestic maupun mancanegara. Dalam event tersebut, Pulau Lombok berhasil mengalahkan destinasi yang sudah sangat popular seperti Malaysia dan Thailand.

pantai terindah di lombok tengah pantai seger

Pada tahun 2016, lombok juga berhasil mempertahankan gelar Best halal Honeymoon destination, dimana Lembah sembalun keluar sebagai World best halal honeymoon destination 2016.

PILIH BALI ATAU LOMBOK?

Selain alasan yang kami sebutkan diatas, ada beberapa alasan lain kenapa para traveller sebaiknya memilih jalan-jalan ke Pulau Lombok dibandingkan dengan Pulau Bali.

1. Pulau Lombok memiliki Gunung Rinjani

Jika di Bali memiliki Gunung Agung dengan ketinggian 3.124 mdpl, Pulau Lombok memiliki gunung yang lebih indah yaitu Gunung Rinjani. Gunung Rinjani di Pulau Lombok merupakan salah satu gunung yang sangat populer di kalangan wisatawan domestic maupun mancanegara. Gunung Rinjani merupakan gunung api tertinggi ke-dua di Indonesia setelah Gunung Kerinci di Jambi. Dengan ketinggian 3726 meter di atas permukaan laut, Gunung Rinjani menyajikan keindahan yang memanjakan mata para pendakinya.

Padang savanna yang luas yang menghijau indah di musim hujan dan eksotis kecoklatan di musim kemarau akan menemani langkah para pendaki. Para pendaki juga akan dimanjakan dengan keindahan danau Segara Anak setelah turun dari puncak Gunung Rinjani. Di Danau Segara Anak, para pendaki bisa memancing ikan dan berenang. Dengan pemandangan Gunung Baru Jari di dekat danau, suasana akan menjadi sangat berkesan. Danau Segara Anak menjadi lokasi hunting foto yang tidak boleh dilewatkan jika mendaki Gunung Rinjani. Pilih liburan ke Bali atau Lombok?

Gunung Rinjani
wisata bukit di lombok
wisata bukit di lombok
Gunung Rinjani

2. Pulau Lombok memiliki banyak Gili

Pulau Lombok dikelilingi pulau-pulau kecil yang disebut GILI. Ada tiga gili yang sangat populer di kalangan wisatawan yaitu Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno. Akan tetapi ada banyak lagi gili yang tak kalah indahnya seperti Gili Kondo, Gili Kapal, Gili Bidara, Gili Sulat, Gili Pasir, Gili Sunut, Gili Petelu, Gili Maringkik di wilayah Lombok Timur.



Di Lombok Barat juga tak kalah dengan pesona gilinya, di sini terdapat Gili Nanggu, Gili Sudak, Gili Layar, Gili Gede, Gili Asahan dan lainnya. Gili-gili di sekitar Pulau Lombok menyajikan keindahan pantai yang masih sangat alami. Untuk gili yang belum berpenghuni, para wisatawan bisa menikmati keindahan alam dengan sepuasnya.

Di gili anda bisa menikmati udara yang bebas polusi. Keindahan alam bawah laut di sekitar gili membuat para wisatawan betah melakukan aktivitas snorkeling maupun diving. Keindahan gili-gili di Lombok tak akan anda temukan di Pulau Bali.

Gili Air Lombok
Gili Pasir Lombok TImur
Gili Air Lombok utara
Gili Maringkik

3. Pulau Lombok memiliki Pantai Pink

Pulau Bali terkenal dengan Pantai Kuta yang dijadikan sebagai spot sunset. Pulau Lombok memiliki banyak pantai yang tidak kalah indah dengan pantai di Pulau Bali. Pulau Lombok memiliki pantai yang unik seperti Pantai Tangsi dengan pasir pink yang kemudian lebih populer dengan nama Pantai Pink Lombok.

Keberadaan Pantai Pink di Lombok menjadi salah satu ciri khas destinasi wisata pulau ini karena di Indonesia hanya ada dua pantai yang memiliki pantai dengan pasir pink yaitu di Lombok dan di NTT. Selain Pantai Pink terdapat juga beberapa pantai yang unik seperti Pantai Tanjung Aan dengan pasir seperti merica dan Pantai Tebing Lombok dengan kontur tebing yang sangat menarik.

Pantai Pink Lombok
Pantai Pink Lombok Timur
Pantai Pink
Pantai segui

4. Pulau Lombok memiliki banyak masjid dan pura

Pulau Bali terkenal dengan wisata religi dan budaya karena masyarakatnya mayoritas beragama hindu. Pulau Lombok juga memiliki banyak pura seperti di Taman Narmada, Pura Mayure, Pura Suranadi, Pura Batu Bolong. Selain pura, Pulau Lombok memiliki banyak sekali masjid. Bahkan Pulau Lombok terkenal dengan pulau seribu masjid karena hamper di setiap kampung di pulau ini memiliki masjid.

Pulau Lombok memiliki beberapa masjid kuno bagi wisatawan yang menyukai wisata sejarah. Masjid kuno di Desa adat Bayan, masjid kuno Gunung Pujut, masjid kuno Rembitan, dan masjid kuno di kampong adat Sade menjadi bukti penyebaran agama islam di Pulau Lombok. Selain itu di Pulau Lombok juga terdapat banyak sekali pesantren. Bagi traveller muslim, Pulau Lombok pasti lebih memudahkan untuk menemukan tempat ibadah. Selain itu, di sini wisatawan muslim lebih mudah menemukan makanan yang halal.

Islamic Center Lombok
Masjid Tua Gunung Pujut
Pura Narmada
Masjid Bayan

5. Pulau Lombok masih alami

Keindahan Pulau Lombok masih sangat alami jika dibandingkan dengan pulau Bali. Karna dunia pariwisata di Bali jauh lebih dahulu dibandingkan dengan pulau lombok, maka hampir semua destinasi wisata yang ada di Bali sudah terjamah, tidak lagi dalam bentuk alami.

Di Lombok, Pesona Pantai, Air terjun, hutan, bukit masih jauh dari sentuhan modernisasi. Seperti karang-karang menakjubkan pada Keindahan pantai semeti, telawas dan pantai Munah, atau Pantai segui, Lusinan air terjun dan masih banyak lagi tempat-tempat cantik yang masih tersembunyi, belum tersentuh sama sekali.

 

Pantai Munah
Pantai Bau Payung Lombok
Air Terjun BEnang stokel
Gili Sunut

SO…PILIH BALI ATAU LOMBOK? Bali juga memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan Lombok. Bali atau lombok, sama saja, sama-sama Indonesia, sunting saja dua-duanya. Salam traveling Sasambo Tour | Wisata Lombok Sumbawa.

Pin It on Pinterest

Shares
Share This