Jangan ke Lombok nanti gak mau pulang”. Itulah ungkapan yang sempat populer di kalangan wisatawan yang datang ke Pulau Lombok. Ungkapan yang sebenarnya judul sebuah film yang diproduksi di Pulau Lombok ini memang ada benarnya. Banyak wisatawan yang datang ke Lombok seolah ingin terus mengexplore keindahan pulau ini. Kali ini team Sasambo Tour akan menuliskan Peta Wisata Lombok yang bisa menjadi referensi bagi anda untuk merencanakan perjalanan ke Lombok.

Untuk bisa mengexplore keindahan wisata Lombok, kita terlebih dahulu harus mengetahui lokasi dari destinasi wisata di pulau ini. Hal tersebut akan memudahkan kita dalam membuat itinerary yang efektif. Ada banyak wisatawan menganggap Pulau Lombok sangat kecil karena hanya berpatokan pada peta atau atlas. Akan tetapi, saat sampai di Lombok barulah terasa bahwa jarak yang ditempuh cukup jauh untuk sampai di satu destinasi wisata yang ingin dituju.

Berikut Peta Wisata Lombok versi Sasambotour.com | Wisata Lombok Sumbwa semoga bisa menjadi [panduan bagi siap saja yang ingin berlibur ke pulau yang cantik ini.

1. Peta Wisata Kota Mataram

Kota Mataram merupakan ibukota provinsi NTB. Tidak banyak destinasi wisata di Kota Mataram karena di sana lebih banyak bangunan pertokoan serta perumahan. Alternatif tempat wisata yang dapat dikunjungi di Kota Mataram adalah Kota Tua Ampenan, Pantai Loang Baloq, Museum NTB.

Di Kota Mataram terdapat banyak pusat oleh-oleh khas Lombok seperti di Sekarbela sebagai pusat pengrajin perhiasan dari mutiara. Pasar Seni Sayang-sayang juga bisa dijadikan tempat berbelanja oleh-oleh seperti kain tenun khas Lombok, aneka gantungan kunci, kerajinan dari kayu dengan hiasan dari cukli.

Cukli merupakan hiasan pada kerajianan yang terbuat dari kulit kerang mutiara. Aneka kerajinan dari rotan dan gerabah juga bisa ditemukan di sini. Bagi yang suka berbelanja di pasar tradisional, terdapat Pasar Kebon Roek di wilayah Ampenan dan Pasar Cakra yang terletak di wilayah Cakranegara. Kedua pasar tradisional ini buka dari pagi hingga sore hari serta menyediakan aneka barang serta makanan khas Pulau Lombok.

Di pasar tradisional biasanya harga jauh lebih murah dibandingkan dengan di arshop dan di sini anda bisa menawar harga.

sunset pantai ampenan lombok

Suasana sunset di pantai ampenan mataram. Ampenan juga dikenal sebagai wisata kota tua di mataram

Jika anda ingin explore Pulau Lombok, sebaiknya anda menginap di Kota Mataram karena di sini banyak pilihan hotel dengan harga yang relatif murah. Jika anda backpacker, ada beberapa pilihan penginapan murah dengan kisaran harga Rp.60.000-Rp. 150.000.

Islamic Center Mataram

islamic center lombok

Kemegahan menara Islamic center hampir bisa dilihat dari segala penjuru kota Mataram. Islamic center menjadi destinasi wisata populer akhir-akhir ini, terutama bagi wisatawan muslim yang berkunjung ke Lombok. Kemegahan arsitektur dan desain interior yang memukau, mampu mengundang decak kagum setiap wisatawan yang mengunjunginya.



2. Peta Wisata Lombok Tengah

Lombok Tengah memiliki banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi. Untuk bisa menikmati keindahan wisata Lombok Tengah anda membutuhkan lebih dari satu hari. Lombok Tengah memiliki banyak pantai-pantai indah yang sayang jika dilewatkan, destinasi air terjun, dan wisata budaya juga banyak disajikan daerah ini.

Wisata Pantai Lombok Tengah

Pantai selong Belanak

Pantai selong belanak merupakan salah satu pantai yang menjadi destinasi andalan wisata pantai di lombok tengah

Untuk explore pantai di Lombok Tengah bisa di mulai dari pantai di wilayah praya barat yaitu Pantai Selong Belanak. Pantai dengan pasir yang sangat luas dan panjang serta dihiasi bukit-bukit kecil nan indah ini bisa jadi pembuka petualangan anda di Lombok Tengah. Pantai ini merupakan salah satu spot surfing di Pulau Lombok. Di dekat Pantai Selong Belanak, terdapat pantai yang unik dengan keindahan batu karangnya yaitu Pantai Semeti, Pantai Telawas, dan Pantai Munah.

Bagi anda pecinta petualangan, sangat cocok untuk mengexplore ketiga pantai tersebut. Akan tetapi, perlu menjadi catatan bahwa jalan menuju ketiga pantai tersebut masih belum bagus. Di dekat pantai tersebut juga terdapat Pantai Mawi.

Pantai-pantai di wilayah kecamatan Pujut tidak kalah indahnya. Dimulai dengan keindahan Pantai Mawun yang biasa disebut pantai honeymoon. Pantai dengan pasir putih bersih serta diapit dua bukit yang indah menjadi salah satu pantai favorit para wisatawan. Dari Pantai Mawun, perjalanan dilanjutkan menuju Pantai Kuta. Pantai Kuta terkenal dengan keunikan pasirnya yang berbentuk merica.

pantai tanjung aan

Garis pantai tanjung aan terlihat memukau dari ketinggian bukit merese

Di dekat Pantai Kuta juga terdapat Pantai Seger. Pantai yang terkenal dengan legenda Putri Mandalika. Seorang putri cantik yang melompat ke laut dan dipercayai menjelma sebagai cacing nyale yang muncul setiap tahun di bulan Februari. Pantai Seger memiliki menjadi salah satu spot sunset favorit di Lombok. Anda bisa menaiki bukit dan melihat keindahan pantai secara keseluruhan sambil menikmati keindahan sunset. Di dekat Pantai Seger juga terdapat Pantai Batu Tengkong.

pantai seger lombok tengah

Sekitar 10 menit dari Pantai Seger, anda akan disuguhi keindahan Pantai Tanjung Aan. Pantai ini merupakan pantai terpanjang di Pulau Lombok. Pantai Tanjung Aan cukup unik karena memiliki dua jenis pasir. Di sebelah timur, pantai ini memiliki pasir yang berbentuk merica dengan warna tidak terlalu putih. Sedangkan di sebelah barat, pantai ini memiliki pasir halus dengan warna putih bersih. Untuk dapat menikmati keindahan seluruh Pantai Tanjung Aan, anda dapat melihatnya dari atas Bukit Mereseq. Bukit yang cukup populer sekitar satu tahun terakhir.

honeymoon romantis di pulau lombok bukit merese

Bukit merese, destinasi wisata pavorit di lombok tengah

Di balik bukit yang terletak di ujung timur Pantai Tanjung Aan, anda bisa menikmati keindahan Pantai Batu Payung. Pantai ini memiliki batu karang besar yang dulunya berbentuk seperti payung. Akan tetapi, batu payung telah pecah karena hempasan ombak dan kini tersisa setengahnya. Di dekat Pantai Batu Payung, terdapat batu karang besar yang jika diperhatikan menyerupai kura-kura.

Untuk menuju Pantai Batu Payung, anda bisa menggunakan perahu dari Pantai Tanjung Aan dengan biaya sewa mulai dari Rp.150.000-Rp.350.000 tergantung jumlah penumpang. Anda juga bisa berjalan melewati pinggiran pantai sekitar 15 menit jika air sedang surut.

pantai batu payung lombok

Pantai batu Payung merupakan pantai unik di Lombok Tengah yang tak memiliki pasir

Ada satu lagi pantai yang sempat hits di Lombok yaitu Pantai Tunak. Pantai ini terletak di kawasan Taman Wisata Alam gunung Tunak. Pantai ini sangat tersembunyi dan memiliki pasir putih bersih serta diapit oleh bukit karang. Yang menjadi ciri khas Pantai Tunak adalah sebuah batu karang lancip yang berada di tengah laut. Sebelum memasuki TWA Gunung Tunak, anda juga akan disambut oleh keindahan Pantai Bumbang.

Wisata Budaya dan Religi di Lombok Tengah

masjid gunung pujut

Masjid tua gunung pujut lombok tengah

Mengunjungi Lombok Tengah akan terasa kurang lengkap tanpa mengunjungi destinasi wisata budaya dan wisata religi. Anda bisa melihat proses pembuatan kain tenun khas Lombok di Desa Sukerare. Sebagian besar perempuan di Desa Sukerare berprofesi sebagai penenun. Di sini anda bisa mengunjungi artshop yang menjual kain tenun Lombok dengan berbagai motif seperti motif songket, motif rangrang, motif selulut, motif ragigenap, motif sabuk anteng dan saje. Kain tenun Lombok juga sudah banyak diproduksi sebagai aneka kerajinan seperti tas, peci, taplak meja, dll. Harga yang ditawarkan mulai dari puluhan ribu rupiah hingga jutaan rupiah.

Salah satu wisata budaya di Lombok Tengah yang selalu ramai oleh pengunjung adalah kampung adat Sade. Terletak di Desa Rembitan, Kecamatan Pujut, kampung adat Sade masih mempertahankan ciri khas masyarakat suku sasak Lombok Di kampung adat Sade anda bisa melihat rumah adat suku sasak yang disebut bale tani. Rumah adat yang beratapkan ilalang, dinding dari bedek bambu, dan lantai tanah dengan dilapisi kotoran kerbau atau sapi.

Di tempat ini anda juga bisa melihat proses pembuatan benang dari kapas hingga proses pembuatan kain tenun khas Lombok. Selain kampung adat Sade, ada juga kampung adat Ende. Lokasi keduanya cukup dekat, akan tetapi kampung adat Ende jauh lebih sepi pengunjung.

masjid desa sade

Masjid yang terletak di desa adat sade lombok tengah

Di wilayah Pujut terdapat tiga masjid kuno yang dapat dikunjungi yaitu masjid kuno Gunung Pujut, masjid kuno Rembitan. Masjid kuno Gunung Pujut terletak di puncak Gunung Pujut. Gunung Pujut tidak tinggi dan sebenarnya lebih cocok disebut bukit. Anda membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk mendki sampai puncaknya. Masjid kuno Gunung Pujut sudah tidak dipakai lagi untuk ibadah. Masjid ini dibangun dengan dinding dari bambu dan atap ilalang. Di dalam masjid terdapat bedug dan mimbar dari kayu.

Masjid kuno Rembitan terletak di Desa Rembitan seperti nama masjid tersebut. Dari segi arsitektur, masjid ini sama dengan masjid kuno Gunung Pujut. Akan tetapi, masjid ini masih dipakai untuk ibadah sholat lima waktu. Untuk bisa masuk ke area masjid, anda harus meminta ijin terlebih dahulu kepada penjaga masjid. Area masjid tidak boleh dimasuki oleh wisatawan non muslim.

Wisata Air Terjun di Lombok Tengah

air terjun benang kelambu

Air terjun benang kelambu lombok tengah. Air terjun indah menyerupai tirai megah plus kolam air segar.

Selain memiliki keindahan pantai dan keunikan budaya, Lombok Tengah juga menyajikan keindahan air terjun. Terdapat dua air terjun yang sangat populer yaitu air terjun Benang Stokel dan air terjun Benang Kelambu. Terletak di Desa Aiq Beriq, Kecamatan Batukliang Utara, kedua air terjun tersebut berada di dalam satu kawasan hutan.

Air terjun Benang Stokel disebut juga air terjun kembar karena memiliki dua aliran air. Hanya membutuhkan waktu 10 menit dari pintu masuk untuk sampai ke air terjun ini. Sekitar 600 meter dari air terjun Benang Stokel, terdapat air terjun Benang Kelambu. Air terjun ini sangat unik dan indah dengan aliran air menyerupai kelambu putih yang dibentangkan pada tebing yang ditumbuhi vegetasi hijau.

Terdapat juga air terjun Sesere di area ini, akan tetapi air terjun ini belum terlalu populer karena letaknya tersembunyi di dalam hutan dan harus bersama guide lokal jika ingin mengunjunginya.

3. Peta Wisata Lombok Timur

paket wisata sembalun

Lombok timur memiliki destinasi wisata yang cukup lengkap, mulai dari wisata pantai, wisata bukit, gunung, air terjun, budaya, wisata religi dan tentu saja juga aneka kuliner yang siap menggoyang lidah para wisatawan.



Salah satu destinasi wisata di lombok timur yang lagi hit saat ini adalah wisata Lembah sembalun. Tahun 2016 lalu, Lembah Sembalun berhasil menjadi juara dalam ajang internasional Destinasi wisata halal dunia, dan keluar sebagai “Best halal honeymoon destination 2016

wisata bukit di lombok

Wisata bukit sembalun. Menikmati pesona lembah sembalun dari ketinggian bukit Pergasingan

Lembah sembalun juga merupakan jalur utama pendakian Gunung Rinjani. Bagi yang menyukai wisata soft trekking di sembalun juga terdapat banyak bukit cantik, seperti bukit selong, Bukit pergasingan, bukit nanggi, dan bukit anak dara.

Anda menyukai olah raga yang sedikit menantang? di Lembah sembalun anda bisa mrenjumpai olahraga Paralayang. Anda bisa menyaksikan pesona desa sembalun dengan terjun dari ketinggian bukit di Lembah sembalun.

paralayang sembalun

Bagi anda penggemar wisata budaya, di Lembah sembalun, anda bisa mengunjungi Desa Beleq, rumah adat sembalun. Desa beleq ini terletak di Desa sembalun Lawang, tepat dibawah bukit selong sembalun. Simbol kebudayaan yang menceritakan leluhur desa di Lembah sembalun. Perlu diketahui, Sembalun merupakan salah satu desa tertua di Lombok, selengkapnya bisa anda baca pada postingan kami sebelumnya : Lembah sembalun, desa tertua dikaki rinjani

rumah adat sembalun

Masih di Lembah sembalun, anda juga bisa mengunjungi air terjun Mangku Sakti, Air terjun Mangku Kodek, dan Air terjun Kuda Semberani. Anda bisa menyewa ojek motor untuk bisa ke air terjun tersebut.

Kunjungan anda tidak akan sempurna jika anda tidak mencicipi Kopi Sembalun yang terkenal itu. Anda bisa mendapatkan kopy sembalun diwarung-warung atau jika beruntung, anda akan disuguhkan oleh warga sekitar yang sangat ramah dan terbuka kepada para wisatawan

Untuk Destinasi wisata lainnya, kami akan lanjutkan pada kesempatan berikutnya, jika ada yang ingin ditanyakan seputar wisata lombok sumbawa, jangan sungkan untuk melayangkan pertanyaan anda kepada kami, sekian selamat berwisata.

Pin It on Pinterest

Shares
Share This