Pantai Sungkun merupakan salah satu diantara deretan pantai cantik yang ada di ujung selatan Lombok Timur. Kita pasti sudah mengenal pantai Tangsi  dan pantai segui dengan keunikan yang dimilikinya berupa pasir pantainya yang berwarna pink. Ada juga pantai Surga, Patai ekas, pantai cemara, pantai Pandan, dan Pantai kaliantan, yang memiliki pesona dan keunikan masing-masing.

Pantai Sungkun, juga memiliki keunikan tersendiri, yakni anda bisa menyaksikan pemandangan sebuah pulau kecil (Gili) yang mirip dengan hewan Kura-kura. Gili Kura-kura, begitu para wisatawan menamai pulau kecil tersebut.

Gili Kura-kura menjadi objek photo para wisatawan yang berkunjung ke Pantai ini. Terutama bagi para wisatawan yang hobi selfi, Gili Kura-kura merupakan latar utama ber-selfi ria.

pantai sungkun gili kura-kura

Pantai di dusun sungkun ini merupakan pantai dengan pasir putih, diapit oleh dua tebing/bukit. Pantainya tergolong bersih, masih alami, kalaupun ada sampah, kebanyakan berupa sampah organik. Pada beberapa bagian di pesisir pantai, terdapat, batu dan karang yang menambah kesan eksotis pantai ini.

pantai sungkun gili kura-kura pantai sungkun gili kura-kura

Untuk menikmati pemandangan yang lebih bagus, Anda bisa trekking ke bukit yang mengapit pantai Sungkun. Anda akan disuguhkan pemandangan yang sangat menawan, dengan keunikan gili kura-kura ditengah pantainya.

Anda juga bisa melihat beberapa pantai berpasir putih lainnya, membentang diseberang bukit, pohon pandan yang tumbuh berjejer di pinggir pantainya, ladang jagung milik petani, tebing, karang, dan ombak besar yang menggulung, membuat anda lupa betapa teriknya matahari siang di Pantai Sungkun.

pantai sungkun gili kura-kura pantai sungkun gili kura-kura
pesona pantai sungkun

Lokasi Pantai Sungkun / Gili Kura-kura

Pantai sungkun terletak di Dusun Sungkun, Desa Pemongkong, Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur. Jarak dari bandara Internasional Lombok (LIA) sekitar 54 KM dengan waktu tempuh 1 jam 30 menit perjalanan menggunakan kendaraan roda 4, bisa lebih cepat lagi jika anda menggunakan kendaraan roda 2.

Lokasi pantai dalam Google Map

Akses jalan ke pantai Sungkun pada beberapa titik masih sangat buruk, apalagi jika dilewati setelah hujan, jalan akan menjadi sangat licin dan susah dilalui. Anda akan melewati 2-3 Km jalan tanah berbatu yang belum di aspal.

Anda bisa menggunakan kendaraan roda 2 atau rodak 4 untuk berwisata ke Pantai ini. Dikawasan pantai, ada juru parkir tempat anda menitipkan kendaraan selama berwisata di pantai sungkun. Biaya parkir untuk speda motor seharga Rp. 10.000,- dan untuk mobil sebesar 20-30ribu Rupiah.

pantai sungkun gili kura-kura

Walaupun daerah ini masih sepi, didekat pantai sungkun, Anda akan menemui beberapa penginapan, villa dan cafe, bagi anda yang ingin explore keindahan pantai-pantai di daerah ini, anda bisa menginap ditempat ini.

Mungkin Anda juga tertarik membaca :

Wisata Pantai Sungkun

Pada saat team Sasambo Tour berkunjung ke Pantai Sungkun, Ombak tidak terlalu besar, beberapa pengunjung juga terlihat mandi di Pantai. Tapi jika dilihat dari posisi pantai sungkun yang mengarah ke laut lepas, pantai ini berpotensi memiliki ombak yang besar. Kami sarankan bagi yang ingin berenang, agar tidak terlalu jauh ketengah.

pantai sungkun gili kura-kura

Bagi yang tidak ingin mandi, anda bisa trekking ke atas bukit untuk menikmati pemandangan dan mengambil gambar. Jalur trekking ke atas bukit tidak terlalu sulit, bahkan bagi anda yang tidak terbiasa dengan aktivitas trekking. Jika anda datang pada saat musim hujan, anda bisa menyaksikan bukit-bukit dan padang rumput hijau yang akan menambah pesona keindahan Pantai ini.

pantai sungkun gili kura-kura

Gambar diatas merupakan pemandangan area pantai ketika musim hujan. Terdapat padang rumput hijau yang cukup diarea pinggir pantai ini.

Lihat juga beberpa pantai terindah di lombok timur yang pernah kami tulis pada postingan sebelumnya di: 7 pantai terindah di Lombok Timur.

Nantikan perjalanan kami selanjutnya mengunjungi tempat-tempat eksotis di lombok dan sumbawa. Ada banyak sekali tempat-tempat indah yang belum banyak dikenal bahkan oleh wisatawan lombok dan sumbawa itu sendiri. Selamat berwisata, dan tetap jaga kelestarian alam dengan tidak merusaknnya.

 

Pin It on Pinterest

Shares
Share This