PANTAI BATU TENGKONG, bagi yang pernah berwisata ke Pantai yang satu ini, pasti tahu kenapa dinamakan Pantai Batu tengkong. Ya, dipantai ini terdapat sebuah batu menyembul unik ditengah pantai menyerupai “Jamur” atau “Tengkong” dalam bahasa sasak. Pantai Batu tengkong sebenarnya masih satu garis pantai dengan Pantai Serenting dan terletak bersebalahan dengan pantai Seger, masih termasuk dalam kawasan Mandalika.

Pantai Batu Tengkong masih tergolong sepi, bahkan pada hari-hari libur dan akhir pekan. Bukan karna pantai ini kalah indah dari pantai-pantai yang lain, barangkali ini disebabkan karena Pantai Batu Tengkong ini kalah tenar dengan pantai yang tepat berada disebelahnya yakni Pantai Seger.

Lihat Juga postingan 10 Pantai Terindah di Lombok tengah.

Pantai Batu Tengkong bisa dibilang pantai yang komplit, memiliki garis pantai yang cukup panjang, berpasir putih sebesar merica persis seperti pasir pantai Tanjung Aan, cukup bersih dari sampah-sampah plastic dan sampah anorganik lainnya, memiliki bukit-bukit diujung garis pantai yang bisa didaki jika sudah bosan bermain dengan pasir dan air, atau untuk menikmati senja, dan tentunya ikon batu unik mirip jamur menyembul menyingkirkan pemandangan monoton bentangan samudera Hindia.

pasir merica pantai batu tengkong
pantai batu tengkong
Pantai batu Tengkong
Pantai batu Tengkong
Bukit Pantai batu Tengkong

Sebenarnya ada tiga bebatuan unik yang ada di pantai Batu Tengkong ini, bahkan lebih banyak lagi yang terlihat ketika air laut sedang surut. Ombak di pantai serenting cukup besar, karna berhadapan langsung dengan samudera Hindia. Tidak disarankan untuk melakukan aktivitas air seperti mandi dan snorkeling dipantai ini, terutama saat ombak sedang besar, apalagi membawa anak dibawah umur untuk ikut berenang.

KELEBIHAN PANTAI BATU TENGKONG

pesona bawah laut pantai batu Tengkong

Pemandangan bawah laut yang tersingkap ketika air ltu sedang surut. Ada banyak hal menarik yang bisa kita temukan di Pantai batu tengkong

karang latu pantai batu tengkong

Kelebihan yang dimiliki pantai ini adalah ketika air laut sedang surut. Kita bisa berjalan sejauh lebih dari setengah kilometer ketengah pantai, bahkan kita bisa melewati Batu Tengkong yang menjadi ikon pantai ini. Menikmati pesona bawah laut yang tersingkap menjadi pengalaman tak terlupakan, Ikan-ikan kecil, rumput laut, karang-karang indah dan lain sebagainya. Warga sekitar pantai juga memanfaatkan moment ketika air surut dengan berburu kerang yang bisa dimakan, memancing, bahkan ketika Team sasambo Tour mengunjungi patai ini, ada warga yang sedang berburu Burung.

Untuk bisa memasuki area pantai ini, kita harus membayar biaya parkir sebesar Rp. 5000,- untuk sepeda motor, dan Rp. 10.000,- untuk kendaraan roda empat, eh biaya parkir bisa turun kalo mau nego sama tukang parkirnya (true story).

AKTIVITAS DI PANTAI BATU TENGKONG

Selain aktivitas yang sudah disebutkan di atas, soft trekking bukit-bukit di batu tengkong menjadi pilihan yang tepat ketika mengunjungi pantai ini. Kita bisa menyaksikan keindahan pantai dari atas bukit, atau menikmati senja disore harinya.

LOKASI PANTAI BANTU TENGKONG (ON GOOGLE MAP)

Pantai Batu Tengkong, Kuta, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat 83573, Indonesia lokasi pantai serenting

Demikian tadi pengalaman Team Sasambo Tour ketika mengunjungi Pantai batu tengkong, nantikan perjalanan Kami selanjutnya. Lets Get lost in Lombok and sumbawa with sasamboTour.

Pantai batu Tengkong Lombok Tengah

Pin It on Pinterest

Shares
Share This