Mengunjungi Pulau Lombok akan terasa kurang lengkap jika tak menikmati keindahan Pantai Batu Payung. Pantai yang unik karena tidak memiliki hamparan pasir seperti pantai-pantai lainnya. Pantai ini hanya memiliki dinding-dinding karang serta sebuah batu karang besar yang dulunya menyerupai payung. Kini, batu karang besar tersebut tinggal setengahnya karena telah retak diterjang karang. Akan tetapi, batu payung masih tetap memesona wisatawan yang datang ke Pulau Lombok.

Di Lombok memang banyak terdapat pantai yang memiliki karang dan bebatuan unik. Selain Batu payung ini, terdapat juga Pantai batu Tengkong, sebuah pantai yang memiliki ciri khas unik terdapat batu yang mirip jamur, postingannya bisa anda lihat di “Pesona pantai batu tengkong Lombok“. Ada juga pantai dengan karang-karang menakjubkan di pantai telawas, Pantai munah dan pantai semeti, lihat pada postingan “keindahan pantai telawas, pantai munah dan pantai semeti“.

Pantai Batu Payung populer sekitar tiga tahun terakhir setelah dijadikan lokasi syuting sebuah iklan. Sejak saat itu, wisatawan lokal maupun mancanegara seolah penasaran dan menjadikannya sebagai destinasi tujuan jika berlibur ke Pulau Lombok. Batu Payung kini masuk sebagai destinasi unggulan wisata Lombok. Dalam event-event promosi pariwisata, keindahan Pantai Batu Payung selalu menjadi salah satu objek wisata yang diperkenenalkan kepada wisatawan.

pantai batu payung lombok

Bagaimana cara menuju Pantai Batu Payung?

Pantai ini terletak di wilayah Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Jika anda pernah ke Pantai Tanjung Aan, maka akan mudah menemukan pantai ini karena letaknya tersembunyi di balik bukit sebelah timur Pantai Tanjung Aan. Untuk mencapai Pantai Batu Payung bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu lewat jalur darat dan jalur laut. Jika anda ingin menggunakan jalur darat, anda bisa memulai perjalanan dari Pantai Muluq, Pantai yang berada di sebelah timur Pantai Tanjung Aan. Dari sana anda bisa berjalan melewati pinggir bukit sekitar 30 menit. Perlu diperhatikan bahwa anda bisa ke Pantai Batu Payung dengan jalan kaki hanya saat air laut sedang surut. Air laut surut bisa pada pagi hari ataupun sore hari tergantung dari gelombang laut.

Jika anda tidak ingin lelah berjalan, anda juga bisa menggunakan perahu dari Pantai Tanjung Aan. Ada banyak perahu milik nelayan yang bisa anda sewa dengan harga berkisar Rp.150.000-Rp.350.000 tergantung dari jumlah penumpang. Akan tetapi, jika gelombang laut terlalu tinggi, perahu nelayan tidak bisa melewati ombak yang datang langsung dari Samudera Hindia. Demikian juga jiga air laut sedang surut, anda juga tidak bisa menggunakan perahu jadi waktu yang tepat adalah siang hari.

Aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Batu Payung

Pantai Batu Payung adalah salah satu spot favorit untuk menikmati keindahan sunrise. Matahari akan terbit dari balik bukit di seberang Pantai Batu Payung dan akan membentuk siluet batu payung yang sangat indah. Batu Payung juga sangat unik karena memiliki penampakan yang berbeda-beda jika dilihat dari berbagai sisi. Hal tersebut membuat para photografer memiliki kesempatan mengambil foto yang unik. Pantai Batu Payung sangat cocok untuk dijadikan tempat pengambilan foto atau video prewedding.

Jika anda ingin melihat keseluruhan pemandangan Pantai ini, anda bisa menaiki bukit yang tepat di sampingnya. Di dekat Batu Payung juga terdapat gili kecil yang berbentuk seperti kura-kura. Jika air laut sedang surut, anda bisa berjalan menuju gili tersebut.

Tips wisata Pantai Batu Payung

pesona batu payung lombok

Jika air sedang pasang di malam hari, area di sekitar Batu Payung terendam air laut sehingga bebatuan di sekitarnya menjadi licin. Anda harus berhati-hati saat melangkah karena wisatawan sering tergelincir dan jatuh. Ombak di sekitar Batu Payung sangat kuat karena berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, jadi sangat tidak direkomendasikan untuk berenang di sana.

Di sekitar Pantai ini belum ada penjual makanan sehingga anda perlu membawa bekal jika ingin berlama-lama di sana. Akan tetapi, jika anda ingin menikmati kesegaran air kelapa muda, biasanya ada dua orang penjual yang selalu berada di Lokasi pantai. Anda bisa membeli kelapa muda dengan harga Rp.15.000,-.

Rute ke Pantai Batu Payung >> Kota Mataram- Gerung- Bandara Internasional Lombok-Sengkol-Sade-Kuta-Tanjung Aan- Pantai Batu Payung.

Pin It on Pinterest

Shares
Share This