Setelah puas mengexplore keindahan Pantai, Gunung, Lusinan Air Terjun, Gili-Gili Yang eksotis, Kuliner dan Budaya, ada satu lagi Objek wisata yang yang tak boleh terlewatkan terutama bagi anda pencinta Soft Trekking, Yakni menikmati Pesona bukit di Lombok.

Akhir-akhir ini, pesona bukit di pulau Lombok mulai diexplore oleh para wisatawan. Mulai bermunculan nama-nama bukit yang sebelumnya tak banyak orang tahu seperti Bukit Pergasingan, Bukit Nanggi, Bukit Batu Hidung, BUKIT MERESE, Bukit Hatory, Bukit Tunak, Bukit Anak Dara, Bukit Selong, Bukit Korea, Bukit Teletubies,dll.

Semua bukit di Pulau Lombok memiliki keindahan yang khas dan dan memukau setiap wisatawan yang mengunjunginya. Bukit-bukit eksotis ini juga masih sangat alami, seperti syurga yang terjaga,menanti untuk disunting para pengelana.

BERIKUT PESONA 8 BUKIT DI LOMBOK

1. Bukit Pergasingan

Bukit Pergasingan mulai terkenal di kalangan wisatawan sekitar dua tahun terakhir. Terletak di Desa Sembalun, Lombok Timur, Bukit Pergasingan memiliki ketinggian sekitar 1700 mdpl. Pada zaman dahulu, Bukit Pergasingan dijadikan sebagai lokasi bermain gasing oleh masyarakat Sembalun. Gasing merupakan salah satu permainan tradisional suku sasak di Pulau Lombok.

bukit-pergasingan
Mendaki bukit pergasingan anda dituntut memiliki kekuatan fisik yang cukup, karena track yang lumayan menantang. Akan tetapi, para pendaki dapat menghilangkan rasa lelah dengan melihat keindahan Desa Sembalun dari ketinggian. Sawah penduduk terlihat seperti karpet permadani yang digelar rapi serta indah. Membutuhkan sekitar 2 jam pendakian untuk sampai puncak Bukit Pergasingan.

Bukit Pergasingan merupakan spot yang sangat bagus untuk menikmati sunrise. Para pendaki bisa memulai pendakian selepas subuh agar bisa menikmati sunrise di puncak. Camping di puncak Bukit Pergasingan menjadi alternatif agar bisa menikmati sunset dan sunrise. Suasana malam di Bukit Pergasingan juga sangat indah.

Informasi selengkapnya perjalanan ke Bukit Pergasingan bisa di lihat di tulisan Unforgettable Moment at Pergasingan Hill.

2. Bukit Nanggi



Bukit Nanggi kini populer mengikuti Bukit Pergasingan. Dengan ketinggian 2.300 mdpl, Bukit Nanggi lebih cocok disebut gunung. Akan tetapi, karena bukit ini terletak di dekat Gunung Rinjani yang menjulang lebih tinggi sehingga masyarakat Lombok menyebutnya sebagai bukit.

Bukit di Lombok Bukit Nanggi sembalun
Jalur menuju puncak Bukit Nanggi cukup menantang. Membutuhkan sekitar 6 jam untuk bisa mencapai puncak bukit. Mendaki Bukit Nanggi seolah seperti mendaki Gunung Rinjani hingga pos Pelawangan. Dari atas Bukit Nanggi kita bisa melihat keindahan Desa Sembalun dan Desa di wilayah Lombok Timur. Kita juga bisa melihat lautan dan bukit-bukit di Pulau Sumbawa nun di sana. Bukit Nanggi juga lokasi yang tepat untuk menikmati sunrise dan sunset.

3. Bukit Selong Sembalun Lawang

liburan bersama keluarga di lombok

” Bukit lima menit sampai puncak”, begitulah orang-orang menyebutnya. Bukit selong yang terletak di Desa Sembalun Lawang, kecamatan Sembalun menawarkan keindahan yang mempesona. Tepat di bawah bukit, para pengunjung disuguhi pemandangan petak-petak sawah penduduk sembalun yang menyerupai karpet warna-warni.

Di hadapan Bukit Selong, berdiri indah Bukit Pergasingan, dan di sampingnya terdapat Bukit Anak Dara. Di sebelah kiri bukit ini terdapat sebuah kampung adat masyarakat Sembalun yang di sebut Kampung Beleq.

4. Bukit Anak Dara | Wisata Bukit di Lombok

bukit anak dara sembalun

Pesona bukit anak dara sembalun, Photo taken by Misnan Shaleh

Bukit anak dara tidak sepopuler Bukit Pergasingan dan Bukit Nanggi. Akan tetapi, keindahan yang disuguhkan tidak kalah indahnya, bahkan beberapa pendaki mengatakan bahwa keindahan Bukit Anak Dara melebihi kedua bukit tersebut. Dengan ketinggian sekitar 1900 mdpl, Bukit Anak Dara memiliki track yang cukup sulit sehingga bukit ini tidak cocok untuk pendaki pemula. Untuk mencapai puncak bukit, anda membutuhkan waktu mendaki selama empat hingga lima jam.

Dari puncak Bukit Anak Dara, anda bisa menikmati keindahan alam Sembalun. Bukit-bukit yang mengelilingi sawah-sawah penduduk. Dan yang paling berkesan tentunya pemandangan Gunung Rinjani seolah di hadapan anda. Moment sunset dan sunrise dalah saat yang sangat indah. Di bukit ini juga sangat bagus untuk menikmati keindahan bintang gemintang di malam hari.

5. Bukit Batu Hidung | Bukit di Lombok

Bukit Batu Hidung merupakan salah satu bukit di Lombok yang mulai populer sekitar satu tahun terakhir setelah ditayangkan dalam program adventure di sebuah televisi swasta nasional. Terletak di wilayah Gumise, Lembar, Lombok Barat, kita hanya membutuhkan sekitar 45 menit perjalanan dari kota Mataram sebagai ibukota provinsi. Jalan yang dilewati juga sudah bagus.



Bukit Batu Hidung tidak tinggi seperti bukit-bukit di wilayah Sembalun. Hanya 15 menit waktu yang dibutuhkan untuk mendaki bukit ini. Hal tersebut membuat Bukit Batu Hidung sangat cocok untuk pendaki pemula. Di atas bukit terdapat batu besar yang menonjol seperti hidung. Dari atas bukit, kita bisa melihat keindahan bukit-bukit di sekitar Lombok Barat.

bukit batu hidung
Setiap sore, Bukit Batu Hidung biasanya ramai oleh pemuda-pemudi yang ingin menikmati sunset. Menikmati sunset dari bukit ini terasa sangat menyenangkan sambil menikmati pemandangan sawah-sawah yang tersusun rapi seperti persawahan di wilayah Sembalun. Di atas bukit juga terdapat penjual yang siap menghidangkan segelas kopi hangat. Pasti akan akan terasa sangat berkesan bagi penikmat kopi Lombok, menyeruput kopi sambil menikmati matahari terbenam.

6. Bukit Tunak | Bukit di Lombok

twa gunung tunaq

Bukit Tunak merupakan bagian dari Taman Wisata Alam Gunung Tunak yang terletak di Desa Mertak, Kecamatan Pujut, Lombok tengah. Kawasan wisata ini juga baru populer di kalangan wisatawan local maupun mancanegara. Bukit Tunak menajdi tempat pavorit bagi wisatawan yang menyukai perpaduan antara keindahan bukit, hutan, dan pantai.

Dari atas Bukit Tunak, kita bisa menyaksikan hamparan pasir putih Pantai Tunak yang masih sangat bersih dan alami. Bukit Tunak menjadi lokasi pavorit untuk befoto selfie dengan latar laut biru dan sebuah batu lancip di tengah laut. Bukit Tunak juga merupakan lokasi yang tepat untuk menikmati sunset. Wilayah ini cukup sepi dan jauh dari penduduk sehingga tidak cocok untuk solo traveler.

7. Bukit Mereseq | Bukit di  Lombok

Kelebihan wisata lombok dibandingkan bali

Bukit mereseq menjadi destinasi wisata yang diminati para wisatawan yang datang ke Pulau Lombok. Bukit kecil yang terletak di ujung barat Pantai Tanjung Aan ini menyajikan pemandangan yang sangat indah. Dari atas bukit mereseq kita dapat melihat keseluruhan pantai Tanjung Aan yang merupakan pantai dengan garis pantai terpanjang di Pulau Lombok.

Bukit mereseq sering dijadikan lokasi gembala ternak oleh masyarakat sekitar. Jangan heran jika berkunjung ke Bukit mereseq, kita bisa melihat gerombolan kambing atau kerbau yang sedang merumput. Bagi wisatawan mancanegara, hal tersebut menjadi hal yang menarik untuk dijadikan objek foto. Tepat di bawah Bukit Mereseq juga terdapat Pantai Mereseq yang indah dan sepi. Jika kita berjalan ke barat, kita akan menemukan pantai Tanjung Bongo yang baru populer sekitar beberapa bulan terakhir.

Lihat serunya perjalanan Team Wisata Lombok sumbawa ke Bukit Mereseq pada tulisan Syurga kecil di Atas Bukit Merese

8. Bukit Hatory | Bukit di Lombok

Bukit di Lombok bukit hatory

Sebenarnya, nama Bukit Hatory tidak ada di dalam peta. Bukit Hatory adalah sebutan orang-orang untuk salah satu bukit di dekat Pantai Seger, Lombok Tengah. Bukit ini menjadi salah satu spot sunset yang terkenal di Pulau Lombok. Dari atas bukit ini, kita bisa melihat hamparan pasir putih Pantai Seger dan Pantai Batu Tengkong.
Berdiri di atas Bukit Hatory seolah mengingatkan kita pada legenda Putri Mandalika.

Legenda yang diyakini masyarakat sebagai asal muasal cacing Nyale yang muncul setiap bulan Februari di laut selatan Pulau Lombok. Bukit Hatory dan bukit-bukit di sekitar Pantai Seger akan dipenuhi ribuan masyarakat yang tumpah ruah saat perayaan Bau Nyale setiap tahunnya.

Pin It on Pinterest

Shares
Share This