Menuruni tangga, melewati hijaunya hutan, menyebrangi sungai, menaklukkan gelapnya terowongan, menikmati dingin dan segarnya air terjun, semuanya bisa kita lakukan di dalam satu kawasan wisata. Hutan Senaru di kaki Gunung Rinjani memiliki keindahan yang sangat alami. Beberapa air terjun berada dalam kawasatan hutan ini, salah satunya adalah air terjun Tiu Kelep.

Tiu dalam bahasa sasak berarti kolam, sedangkan kelep berarti terbang. Tiu Kelep merupakan air terjun dengan debit air terbesar di Pulau Lombok. Keindahan yang disajikan air terjun ini menjadikannya sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di Nusa Tenggara Barat. Setiap hari libur, air terjun Tiu Kelep selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Masih dalam kawasan hutan senaru, lihat juga keindahan air terjun sendang gile dalam tulisan “Menggila di sendang Gile Waterfall

Bagaimana menuju lokasi Air Terjun Tiu Kelep?

tiu kelep

Untuk menuju Tiu Kelep, ada dua opsi jalan yang bisa ditempuh. Yang pertama, kita bisa melewati hutan Pusuk sambil melihat keindahan pegunungan. Di hutan Pusuk kita bisa menjumpai banyak sekali monyet-monyet hutan yang tidak liar. Kita bisa istirahat sejenak sambil menghirup udara segar pegunungan dan memberi monyet-monyet tersebut makan.

Opsi yang kedua, kita bisa melewati Senggigi sambil menikmati keindahan pantai. Kita juga bisa mampir sejenak di Bukit Malimbu ataupun di Bukit Nipah. Akan tetapi, opsi kedua ini sangat cocok untuk jalan pulang setelah ke Tiu Kelep karena bisa sambil menikmati keindahan sunset.

Lihat juga tulisan “Pesona 6 air terjun di Lombok” deretan air terjun terindah yang ada di pulau lombok.

Dari Kota Mataram sampai pintu masuk air terjun, kita membutuhkan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan. Sedangkan dari pintu masuk hingga lokasi air terjun Tiu Kelep, kita harus tracking melewati hutan sekitar 45 menit. Sebelum mencapai air terjun Tiu Kelep, kita akan disuguhi keindahan air terjun Sendang Gile.

Sepanjang track yang dilalui, kita bisa menikmati panorama hutan Senaru yang masih alami. Kita juga akan melewati sungai yang arusnya tidak terlalu deras. Beberapa anak tangga lumayan menguras tenaga, akan tetapi rasa lelah akan terbayar saat sampai di Tiu Kelep. Saat perjalanan pulang cobalah untuk melewati terowongan air yang cukup panjang. Sensasi seperti sedang melewati sebuah gua akan menambah seru cerita perjalanan kita.

Aktivitas di air Terjun tiu Kelep

tiu kelep

Setelah sampai di Tiu Kelep, anda bisa mandi dan berenang sambil menikmati dinginnya air. Air terjun ini bersumber dari mata air di Gunung Rinjani sehingga sangat bersih dan segar. Para pengunjung bahkan bisa meminum langsung air tersebut.

Keindahan panorama yang disajikan menjadikan air terjun ini sebagai salah satu spot yng bagus untuk mengambil foto. Bagi pasangan yang sedang liburan honeymoon, lokasi ini sangat tepat untuk mengabadikan moment pra wedding.

Tips Wisata Air Terjun Tiu Kelep

  1. Mengunjungi air Terjun Tiu Kelep sebaiknya tidak di musim hujan karena jika hujan kita tidak bisa melewati derasnya aliran sungai.
  2. Di kawasan hutan lokasi air terjun tidak ada penjual makanan maupun minuman sehingga pengunjung sebaiknya membawa bekal.
  3. Di dekat air terjunTiu Kelep tidak ada tempat ganti pakaian sehingga dianjurkan untuk membawa handuk supaya tidak kedinginan.
  4. Jika ingin melewati terowongan air maka harus bawa senter karena sangat gelap dan arusnya cukup deras.

Pin It on Pinterest

Shares
Share This