Pulau Lombok tidak hanya menyajikan keindahan pantai dan gunung, pulau ini juga terkenal dengan keindahan air terjunnya. Salah satu air terjun yang populer saat ini adalah Air Terjun Mangku Sakti. Terletak di Desa Sajang, Kecamatan Sembalun, air terjun ini berada di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Jarak tempuh yang dibutuhkan dari Kota Mataram sekitar tiga jam perjalanan.

Air Terjun Mangku Sakti merupakan air terjun yang anti-maintream dengan air yang tak jernih melainkan berwarna hijau toska. Hal tersebut karena campuran belerang pada air terjun. Aliran air terjun Mangku Sakti berasal dari Kokoq Puteq yang airnya langsung dari Danau Segara Anak di Gunung Rinjani.

Pesona Air Terjun Mangku Sakti Sembalun

Air ini dipercayai berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit kulit. Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa pengunjung tidak dibolehkan untuk mengambil lumpur belerang dari air terjun ini.


Masih satu aliran sungai dengan Mangku sakti, terdapat juga air terjun mangku Kodek, intip pesona air terjun mangku kodek pada postingan berikut ini : Eksotisme bebatuan di Air terjun Mangku Kodeq. DI Lombok, terdapat lusinan air terjun dengan keunikan masing-masing. Lihat tulisan pesona 10 Air Terjun Terindah di Pulau Lombok.

Video Pesona Air Terjun Mangku Sakti

Pesona air terjun Mangku Sakti juga bisa dilihat dari dinding batu sebagai tempat aliran air terjun. Ketinggian air terjun sekitar 40 meter dan debit air yang cukup besar membentuk sebuah kolam dengan kedalaman 2-4 meter. Bagi yang pandai berenang, melompat dari atas batu ke kolam air tersebut menjadi pengalaman yang seru.

Akan tetapi, hal tersebut tidak disarankan bagi yang kemampuan berenangnya masih kurang karena debit air terjun yang keras.

Pesona Air Terjun Mangku Sakti Sembalun

Bagi anda yang ingin mengunjungi air terjun Mangku Sakti, sebaiknya datang pada musim kemarau atau musim pancaroba. Saat musim hujan air terjun menjadi keruh dengan arus yang sangat deras. Selain itu, jika musim hujan dikhawatirkan jalan yang dilalui menuju air terjun menjadi becek dan licin.

Bagaimana menuju Air Terjun Mangku Sakti?

Pesona Air Terjun Mangku Sakti Sembalun

Dari kota mataram, anda dapat mengambil jalur menuju Sembalun, bisa melewati Lombok Timur atau Lombok Utara. Untuk mendapatkan kesan perjalanan yang indah dan jalan yang lebih bagus maka sebaiknya melewati jalur Lombok Timur. Setelah sampai pusuk Sembalun, perjalanan dilanjutkan menuju Desa Sajang sampai anda menemukan baliho besar dengan foto air terjun Mangku Sakti di sebelah kiri jalan.

Ingin mengunjungi air terjun tertinggi di Lombok atau air terjun yang menjadi andalan wisata Lombok Sumbawa, lihat pada paket wisata air terjun Tiu sekeper dan Tiu Teja | Paket wisata air terjun Tiu kelep

Pos pembelian tiket Air Terjun dikelola oleh pemuda adat Desa Sajang. Dari pos tiket, anda harus melewati jalan tanah dengan kontur berbatu dan menanjak sekitar 3 kilometer. Jalan ini tidak bisa dilewati oleh mobil, tapi jangan khawatir karena penduduk setempat menyediakan jasa ojek sampai pintu masuk kawasan air terjun.


Setelah sampai lokasi parkir motor, anda harus tracking melewati hutan selama 20 menit barulah bisa sampai ke air terjun Mangku Sakti.

Pesona Air Terjun Mangku Sakti Sembalun

Tips mengunjungi Air Terjun Mangku Sakti

  1. Sebaiknya berkunjung di musim kemarau atau musim pancaroba agar jalan tanah tidak becek.
  2. Sebaiknya menggunakan ojek dari pos tiket ke kawasan air terjun karena jalan yang dilalui masih buruk dan membutuhkan pengendara yang berpengalaman.
  3. Jangan lupa membawa makanan dan minuman karena di dekat air terjun belum banyak penjual dan harga relatif lebih mahal.
  4. Gunakan guide lokal agar tidak tersesat di hutan.
  5. Berhati-hati saat mandi di air terjun karena dikhawatirkan tenggelam oleh pusaran air.

 

Pin It on Pinterest

Shares
Share This