Pulau Lombok dan keindahan pantainya adalah dua hal yang tak terpisahkan. Banyak wisatawan domestic maupun mancanegara yang datang ke Pulau Lombok untuk mengexplore wisata pantai yang seolah tak ada habisnya di pulau ini. Ada beberapa pantai yang terkenal karena keunikannya dan sulit ditemukan di daerah lain seperti pantai Tangsi dengan pasir yang berwarna pink, ada juga pantai Tanjung Aan dengan pasir seperti merica, dan pasa tulisan kali sasambotour akan mengexplore Eksotisme PANTAI TEBING LOMBOK

Lihat juga tulisan sebelumnya 10 Pantai Terindah di Pulau Lombok

Sekitar satu tahun terakhir, Lombok seolah memiliki tambahan pantai yang unik. Pantai ini sangat sayang jika tidak dikunjungi saat liburan di Lombok. Pantai Tebing Lombok, menjadi primadona baru wisata Lombok.

Terbentuknya Pantai Tebing Lombok

Pantai Tebing Lombok Bayan

Pantai Tebing sangat unik karena memiliki tebing dengan ketinggian sekitar 20 meter. Berdasarkan info yang terpasang di dekat pantai diketahui bahwa tebing terbentuk akibat endapan awan panas yang mengandung fragmen koral.

Dahsyatnya letusan gunung Tambora di pulau Sumbawa pada tahun 1815 mengakibatkan tsunami hingga ke Lombok. Endapan aliran piroklastik hasil letusan gunung api yang masuk ke dalam laut dan menghasilkan letusan sekunder membentuk endapan piroklastik yang menunjukkan perlapisan pada tebing.

Pantai Tebing Lombok Bayan

Tekstur tebing ini terdiri dari pasir yang tercampur tanah halus dan bebatuan kecil. Konturnya tidak terlalu kuat sehingga terjadi pengurangan lapisan sedikit demi sedikit oleh ombak lautan. Pantai Tebing Lombok menjadi salah satu alternatif wisata pantai yang anti mainstream di Pulau Lombok.

Pantai Tebing Lombok sangat menarik untuk spot photo atau membuat video. Pantai Tebing juga merupakan spot sunset yang bagus karena berhadapan dengan laut lepas. Pantai Tebing Lombok tidak terlalu ramai karena letaknya yang tidak terlalu popular dikalangan wisatawan bahkan bagi masyarakat Pulau Lombok.

Lokasi Pantai Tebing Lombok

Pantai Tebing terletak di dusun Luk, Desa Sambik Bangkol, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara atau tepatnya di belakang SMPN 2 Gangga. Anda membutuhkan waktu 1,5 jam dari kota Mataram sebagai ibukota provinsi. Ada dua alternatif jalan yang bisa dilewati yaitu melewati pusuk sambil menikmati suasana pegunungan dan melihat kera yang bermain dipinggir jalan.

Alternatif kedua yaitu melewati senggigi sambil menikmati pemandangan pantai dan bukit yang indah.

Pantai Tebing

Waktu team Sasambotour.com mengunjungi pantai ini, belum ada plang di pinggir jalan yang menjadi penanda keberadaan Pantai Tebing. Dari jalan utama, anda harus melewati jalan tanah yang tidak terlalu lebar sekitar 300 meter.

Jalan ini bisa dilewati motor, dan jika anda menggunakan mobil sebaiknya parker di pinggir jalan utama. Ada beberapa penjual yang bisa dijadikan tempat penitipan mobil.

Paket Wisata ke Pantai Tebing Lombok ada dalam rangkaian Paket Wisata Air Terjun Tiu Kelep

Area PANTAI TEBING LOMBOK belum dikelola dengan baik oleh pemerintah daerah sehingga tidak ada karcis masuk area pantai dan tidak ada tukang parkir, tapi anda tidak perlu risau masalah kemanan saat berkunjung ke Pantai Tebing Lombok. Di dekat pantai juga belum ada penjual yang menjajakan makanan maupun minuman.

Aktivitas di Pantai Tebing Lombok

Pantai Tebing Lombok masih cukup sepi dibandingkan dengan pantai lainnya di Pulau Lombok. Kontur tebing yang unik membuat pantai ini sangat cocok untuk melakukan foto prewedding maupun foto honeymoon bersama pasangan. Untuk penyuka sunbathing, pantai ini juga sangat bagus karena pantainya bersih.

Pantai ini tidak terlalu bagus untuk berenang bagi pemula karena ombaknya cukup besar dan berhadapan dengan laut lepas. Di tempat ini juga dijumpai beberapa orang yang sedang memancing. Menikmati sunset di sini pasti akan menghadirkan suasana yang berbeda dibandingkan dengan tempat lainnya. So, tunggu apa lagi, Let’s Get Lost In Lombok and Sumbawa with Sasambotur.

Pin It on Pinterest

Shares
Share This