Pantai Seger dikenal oleh masyarakat Lombok Tengah sebagai tempat melompatnya sang Putri Mandalika yang kemudian diyakini menjelma menjadi Nyale (cacing). Setiap bulan Februari, tepatnya tanggal 20 dalam penanggalan sasak kuno, masyarakat Lombok akan berbondong-bondong memadati Pantai Seger untuk menangkap nyale. Ritual tiap tahun ini dikenal dengan istilah “Bau Nyale”.

Pesona Pantai Putri Mandalika Lombok

Pesona Pantai Seger di Lombok

Nyale merupakan cacing laut kelas polychaeta yang hidup di dalam lubang-lubang kecil yang terdapat di batu karang. Pada saat ritual bau nyale, cacing-cacing tersebut keluar untuk melakukan peminjahan massal. Seger Beach merupakan salah satu habitat dari Nyale selain beberapa pantai lain di Lombok Tengah bagian Selatan. Karena kepercayaan masyarakat yang sangat kuat terhadap legenda Putri Nyale, maka Pemerintah menjadikan event bau nyale sebagai salah satu event promosi pariwisata daerah. Seger Beach selalu menjadi lokasi puncak event bau nyale setiap tahunnya.

Selain menyimpan kekuatan sejarah tradisi masyarakat Lombok Tengah, Pantai Seger juga memiliki keindahan yang tak kalah dengan pantai-pantai lainnya di Lombok. Menyuguhkan perpaduan antara indahnya perbukitan, pasir pantai yang menyerupai merica, dan batu karang di tengah lautan, pantai Seger menjadi pantai yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Lokasi Pantai Seger yang dekat dengan Pantai Kuta sebagai pusat wisata Lombok Tengah menjadikan pantai ini banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara.

Aktivitas yang bisa dilakukan di Seger Beach

Pesona Pantai Seger di Lombok

Pantai Seger berhadapan langsung dengan Samudera Hindia sehingga memiliki ombak yang besar. Banyak wisatawan mancanegara yang menjadikan Pantai Seger sebagai tempat berselancar. Pantai Seger masih alami dan bersih, menghabiskan waktu berjemur di atas pasir unik berbentuk merica menjadi salah satu pilihan di pantai ini. Saat air laut surut, banyak orang yang berjalan menuju batu karang besar di tengah laut, mereka biasanya menghabiskan waktu untuk memancing ikan di sana.

Kawasan Pantai Seger memiliki empat bukit yang tidak terlalu tinggi. Bukit-bukit ini selalu ramai pada saat sore hari oleh wisatawan yang ingin mengabadikan moment sunset. Duduk di atas bukit bersama teman atau pasangan sambil menikmati suasana senja menjadi aktivitas yang sayang jika dilewatkan di Pantai Seger.

senja di pantai seger senja di pantai seger

Di Seger Beach juga terdapat sebuah jembatan bambu di atas muara. Pada saat air surut muara ini kering dan menyisakan pemandangan pasir putih dengan degradasi yang unik. Lokasi ini biasanya menjadi spot favorit bagi para photografer. Spot ini sangat cocok untuk mengabadikan moment prewedding atau moment honeymoon bersama pasangan.

Rute Menuju Pantai Seger

Pesona Pantai Seger di Lombok

Pantai seger merupakan pantai yang sudah sangat populer di Lombok, terletak di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Dari Bandara Internasional Lombok, wisatawan hanya membutuhkan sekitar 30 menit waktu perjalanan. Dan jika dari Kota Mataram, wisatawan membutuhkan waktu sekitar satu jam perjalanan dengan jarak tempuh sekitar 60 km. Pantai Seger sangat populer di kalangan masyarakat Lombok Tengah, jadi jika kebingungan mencari lokasinya, anda bisa bertanya kepada penduduk setempat. Akses jalan menuju Seger Beach sudah sangat bagus.

Baca juga tulisan 10 Pantai Terindah di Lombok Tengah

Tips Wisata Pantai Seger

Pesona Pantai Seger di Lombok Pesona Pantai Seger di Lombok

Jika anda ingin mengunjungi Seger Beach , sebaiknya anda menginap di hotel yang terletak di Sekitar Pantai Kuta. Adanya banyak pilihan hotel maupun homestay di daerah ini. Hal tersebut akan memudahkan anda jika ingin menikmati sunset atau sunrise di Seger Beach.

Di Seger terdapat beberapa penjual makanan maupun minuman, akan tetapi harganya relatif lebih mahal, jadi sebaiknya anda membawa dari luar kawasan pantai. Di Seger Beach juga seringkali terdapat penjual oleh-oleh yang menjajakan dagangan, sebaiknya anda pandai menawar jika ingin berbelanja karena harganya jauh lebih mahal dari harga di pasaran.

Lihat pantai berdinding Tebing Unik di Lombok “Pesona Pantai Tebing Lombok

Biaya parkir di kawasan Seger adalah Rp. 5000 untuk sepeda motor dan Rp. 10.000 untuk mobil. Biaya parkir tersebut sudah termasuk tiket masuk kawasan wisata. Jika ada orang yang meminta uang parkir secara liar atau diluar pintu masuk kawasan pantai, sebaiknya anda tidak memberikannya karena itu akan masuk ke kantong pribadi (bukan retribusi).

Pantai seger merupakan salah satu dari deretan pantai-pantai indah di Lombok dan sumbawa, dan masih banyak lagi yang bahkan jauh lebih indah dari pantai ini. Sasambo Tour akan terus menyajikan informasi lengkap wisata di Lombok dan sumbawa. Lets get Lost in Lombok and Sumbawa with us 😀

senja di pantai seger

Pin It on Pinterest

Shares
Share This