Menikmati pantai di hari libur adalah pilihan yang tepat bagi kami yang tinggal di Pulau Lombok. Saat libur panjang, Pulau Lombok akan dipadati oleh wisatawan. Pantai-pantai seolah menjelma keramaian pasar. Untuk wilayah pantai yang sudah populer, akan sangat sulit untuk dinikmati karena hiruk pikuk pengunjung seperti di Pantai Senggigi, Pantai Selong Belanak, dan Pantai Pink. Pantai pandan bisa menjadi pilihan bagi mereka yang tidak terlalu suka pada keramaian.

Dalam postingan kali ini, team Wisata Lombok Sumbawa akan menceritakan keindahan Pantai Pandan, salah satu pantai yang masih relatif sepi bahkan saat hari libur panjang. Lihat juga pesona pantai indah di Lombok timur pada postingan “Pesona Pantai Pink Lombok

LOKASI PANTAI PANDAN

pantai pandan pantai pandan
Pantai Pandan terletak di Desa Seriwe, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur. Jalan menuju pantai ini sudah bagus dan membutuhkan waktu tempuh sekitar 2 jam dari Kota Mataram. Jika anda pernah ke Pantai Tangsi (Pantai Pink), anda akan mudah menemukannya karena jalur ke Pantai ini jauh lebih mudah. Ketika sampai di Seriwe, anda hanya melewati jln lurus hingga menemukan Pantai Cemare. Loksi Pantai Pandan tepat di dekat Pantai Cemare, kedua pantai tersebut hanya dipisahkan oleh sebuah bukit. Di atas bukit tersebut terdapat sebuah gazebo dengan atap ilalang.
gazebo pantai pandan pantai-pandan-lombok-timur42
Dari atas bukit tersebut, kita bisa melihat pemandangan sekeliling. Pantai Cemare di sebelah kiri begitu indah membentang. Pantai Pandan di sebelah kanan dengan pasir putih dan tebing karang berwarna kuning kecoklatan. Pantai Pandan masih sangat alami dan belum dikelola oleh pemerintah. Memasuki pantai ini, kita tak membutuhkan biaya tiket masuk maupun biaya parkir.
pantai pandan PANTI PANDAN
Seperti namanya, di sekitar pantai kita akan menemukan Pohon Pandan yang daunnya berduri. Bagi masyarakat suku sasak Lombok, daun pandan tersebut bisa dijadikan sebagai bahan anyaman tikar. Kita bisa berteduh di bawah pohon pandan sambil menikmati keindahan pantai. Di pantai ini, kita juga bisa melihat aktivitas warga menjemur rumput laut. Kita juga bisa melihat anak-anak kecil bermain bersama ombak sambil memungut rumput laut. Jika anda menyukai rumput laut, anda juga bisa ikut memungut bersama anak-anak tersebut. Aktivitas yang cukup seru. Anda juga bisa membeli rumput laut segar untuk dibawa pulang dengan harga ya sangat murah.
pantai pandan pantai pandan
Garis Pantai Pandan cukup panjang dengan pasir putih yang bersih. Hampir tidak ada sampah anorganik yang kami temukan saat di pantai ini. Dari pantai ini, kita juga bisa melihat gili tak berpenghuni dan pemandangan tebing karang di seberang. Di Pantai ini, kita bisa berenang ataupun berjemur hingga puas tanpa hiruk pikuk pengunjung lain.

Tips jika berkunjung ke Pantai Pandan

  • Tidak jauh dari area pantai, terdapat pemukiman penduduk, akan tetapi sekitar pantai tidak ada penjual, sehingga pengunjung harus membawa makanan dan minuman dari rumah.
  • Wisata pantai pandan belum dikelola oleh pemerintah setempat, jadi tidak ada tiket masuk atau biaya parkir, Travelling sendiri tidak dianjurkan, walaupun daerah ini terkenal cukup Aman.
  • Di pantai tidak ada fasilitas apapun termasuk tempat pembuangan sampah, jadi jangan lupa membawa pulang sampah supaya keindahan pantai tetap terjaga.
  • Mandi di pantai adalah aktivitas yang seru di Pantai ini karna pantai yang bersih, berpasir putih halus, dan ombak yang tidak terlalu besar. Pemandangan pantai yang indah juga menjadi latar yang bagus buat anda yang hobi berphoto.
  • Anda biasanya akan menemukan beberapa warga yang sedang panen rumput laut di pantai pandan, jika anda penggemar rumput laut, anda bisa membeli sambil berinteraksi dengan warga seikitar pantai.

IMAGE GALERY PANTAI PANDAN

Pin It on Pinterest

Shares
Share This