Menikmati keindahan alam Pulau LOMBOK tidak akan terasa lengkap tanpa mengunjungi sebuah Lembah yang sangat sejuk di kaki Gunung Rinjani. Lembah Sembalun yang terletak di ketinggian 1.156 meter di atas permukaan laut memiliki luas wilayah 217,08 Km2, terdiri dari 6 desa yaitu Desa Sembalun Bumbung, Desa Sembalun Lawang, Desa Sajang, Desa Bilok Petung, Desa Sembalun, dan Desa Sembalun Timba Gading.

Sembalun menyajikan keindahan alam yang akan memanjakan mata para wisatawan yang menungunjunginya, desa ini juga menjadi gerbang penadakian Gunung Rinjani.

Pada tahun 2016 kemarin, Lembah sembalun juga terpilih menjadi Best halal Honeymoon Destinations dalam ajang internasioan World Halal Tourism yang rutin diselanggaran tiap tahun.

SEJARAH LEMBAH SEMBALUN

rumah adat lembah sembalun

SEMBALUN yang berasal dari bahasa jawa kuno yang terdiri dari dua suku kata yakni kata “SEMBAH” dan “ULUN”. Kata Sembah mengandung makna menyembah, menyerah diri, mematuhi, atau bisa juga dimaknai taat. dan Ulun , dari kata dasar Ulu yang berarti kepala, atas, atasan, atau pemimpin.

Makna lain yang terkandung dari kata sembahulun adalah ” orang sembalun berkewajiban untuk menyembah kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai pencipta dan pemelihara alam dan manusia wajib mentaati segala ketentuan ketenuan kepercayaan yang di anut, setiap orang sembahulun wajib mentaati dan memeatuhi pemimpin pemimpinnya, bahwa setiap orang sembahulun mempunyai kewajiban untuk selalu taat kepada adat leluhurnya selain taat kepada Yang Maha Esa dan kepada Pemimpinnya .”

Pada mulanya sembahulun sesungguhnya sudah di diami oleh sekelompok manusia yang menganut faham animisme. Keyakinan inilah pertama – tama dianut oleh mereka yang mendiami gumi Sembahulun. Pada akhir abad ke 14 semasa selaparang hindu, ketika gunung rinjani meletus, pemimpin mereka memerintahkan pendududk meningalkan sembalun untuk mengindari aliran lava panas yang sangat dahsyat.



Setelah mengungsi sekian tahun lamanya, saat kondisi mulai aman, ternyata hanya 7 pasang orang atau tujuh pasang kepala keluarga yang dapat kembali ketempat semula, lalau mereka kembali membangun tempat mereka yang telah porak poranda oleh letusan gunung rinjani.

Tempat itu kemudian di sebut Desa Beleq. Yang bermakna Desa besar atau desa induk. Manusia pada masa inilah diangap sebagai asal muasal atau cikal bakal keturunan generasi sembalun selanjutnya.

Desa beleq sembalun

Desa beleq Sembalun Lombok Timur

Dalam kurun waktu yang cukup lama, ternyata ketujuh pasangan suami istri ini tidak memiliki keturunan. Oleh karna itu bersepakatlah mereka untuk pindah meninggalkan pemukiman Desa Beleq mencari tempat lain. Mereka menuju kearah barat sampai akhirnya mereka sampai di pinggiran sungai, tapi air sungai tersebut memiliki arus yang cukup deras dan berbaaya untuk di seberangi. Lalau mereka berbalik haluan kearah selatan hinga sampai dibagian kali yang paling sempit.

Setelah memikirkan cara menyebrangi sungai, akhirnya mereka menemukan sebuah ide untuk menyebrangi sungai tersebut dengan cara saling topag satu sama lainnya sampai selesai, tepat pada bagian kali yang sempit ini mereka beri nama Lokok Saangkabira. Saangkabira dalam bahasa sasak sembalun adalah saling topang , saling sokong , saling bantu, gotong royong . Dari lokok sangkabira ini mereka bergerak kearah barat kira – kira 100 meter, dan di sinilah mereka mulai membangun tempat tinggal yang baru, mereka membuat bangunan yang petama kemudian sampai saat ini yang disebut Bale Malang.

Dinamakan bale Malang karna hanya rumah ini yang menghadap kearah timur dan barat, sedangkan rumah –rumah lainya semuanya mengambil posisi dengan arah utara selatan . Bale Malang ini dalam keberadaannya memang husus di buat untuk tempat bertuah. Dalam setiap pertemuan di bale malang selalu ada nasehat dan wejangan yang isinya :

  1. Kalian harus selalu patuh kepada sesama dan taat terhadap pemimpin.
  2. Kalian harus selalu menanamkan semangat Sangkabira , yang berarti tolong – menolong , saling bantu membantu, dan suka bekerja sama dalam menghadap setiap kesuliatan dalam kehidupan.
  3. Kalian harus senantiasa bekerja keras dan tidak boleh cepat putus asa.

Inilah petuah yang selalu di ajarkan pada anak – anak mereka sampai akhirnya mereka bertujuh menyepakati untuk kembali bersama – sama ke Desa Beleq, desa asal mereka.

rumah adat sembalun

Desa Bleq menurut mereka tidak boleh di tambah maupun di kurangi dari jumlah tujuh buah rumah, namun mereka masih dalam kebingungan bagaimana cara membuat rumah seperti yang mereka harapkan. Dan pada saat mereka kebingungan inilah datang dua orang yang mereka tidak kenal, kelak yang akan membawa perubahan besar bagi ketujuh pasangan manusia sembahulun ini.

Kedua orang pendatang ini di ketahui bernama RADEN HARYA PATI dan RADEN HARYA MANGUNJAYA. Kdua pendatang ini mehampiri mereka, kemudian memberikan petunjuk bagaimana cara membangun rumah sesuai dengan harapan mereka. Diceritakan pula RADEN HARYA PATI dan RADEN HARYA MANGUNJAYA melanjutkan ajarannya dengan memberikan empat macam pegagan hidup yaitu :

  1. Adat dan agama ( islam ) sebagai pegangan hidup.
  2. Kitab ( al-qur’an ) sebagai pedoman beragama.
  3. Padi ( padi merah ) satu ikat sebagai tanaman pertanian yang menjadi sumber makanan.
  4. Bebesian ( Besi ) sebagai alat bertani da alat beladiri.

Pada kesempatan itu juga di nobatkan empat orang dari mereka di beri nama panggilan baru yaitu :

  1. Titiq Islamin.
  2. Titiq Kertanergara.
  3. Titiq Bagia.
  4. Titiq Ratani.

Titiq artinya tertua masyarakat. Dalam perkembangan masyarakat sembalun terjadilah pembagian kepengurusan atau pembagian tugas yang baku dia natara mereka.
Titiq Islamin : mengurusi agama dalam kehidupan beragama.
Titiq Kertanegara : mengrusi pemerintahan.
Titiq Ratani : Megurusi masalah adat.

LOKASI LEMBAH SEMBALUN

pesona lembah sembalun

Lembah Sembalun terletak sekitar 110 kilometer dari Kota Mataram sebagai ibukota provinsi Nusa Tenggara Barat. Membutuhkan sekitar tiga jam perjalanan melewati jalanan yang berkelok dan dipenuhi jurang. Sepanjang jalan yang kita lewati dihiasi hutan lindung yang menjadi kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani .



Traveling ke Lembah Sembalun menggunakan motor menjadi pilihan yang seru bagi wisatawan yang mahir mengendarai motor. Berkendara sambil menatap indahnya pegunungan yang dipenuhi ilalang yang dipayungi puncak gunung api tertinggi kedua di Indonesia menjadi pengalaman yang tak terlupa.

SEMBALUN DI GOOGLE MAP

Setelah sampai di Pusuk Sembalun, kita bisa beristirahat sambil menikmati udara segar pegunungan. Berdiri di posisi yang tepat sambil melihat petak-petak sawah penduduk Desa Sembalun yang tertata rapi menyerupai permadani yang digelar. Dari Pusuk Sembalun kita bisa melihat rumah-rumah penduduk yang di kelilingi bukit-bukit indah. Sekawanan monyet akan datang menghampiri seolah ingin meminta makanan bekal wisatawan. Kawanan monyet itu jinak, tapi terkadang diam-diam mencuri makanan milik pengunjung.

wisata pusuk sembalun

Pemandangan dari pusuk sembalun.

Menuruni jalan berkelok yang dipenuhi jurang, sampailah kita di desa tersejuk di Pulau Lombok. Suasana di Desa Sembalun akan terasa sangat berbeda dengan suasan Pulau Lombok yang panas di bagian selatan yang dipenuhi pantai. Kita seolah berada di pulau yang berbeda. Dingin yang menusuk hingga ke tulang, udara segar yang bebas polusi, suasana tenang jauh dari hingar binger kota, suasana yang sangat tepat untuk menghabiskan liburan anda.

Lihat juga keindahan wisata air terjun Lombok yang lokasinya tidak terlalu jauh dari desa sembalun, Air terjun Tiu Teja, si kembar dari lombok utara dan tiu skeper air terjun tertinggi di Lombok di desa Santong, ada Air terjun Sendang Gile dan Tiu kelep di desa senaru Lombok Utara.

AKTIVITAS

Masyarakat Desa Sembalun memiliki mata pencaharian sebagai petani. Petak-petak sawah warga dipenuhi tanaman sayuran sperti wortel, seledri, bawang merah,bawang putih, selada, dan kentang. Aneka buah-buahan juga bisa kita nikmati di sini. Memetik langsung buah strawberry atau melon bisa menjadi akitivitas liburan yang asyik bersama keluarga. Para petani menyediakan kebun strawberry dimana wisatawan bisa memetik langsung dan menikmati buah segar tersebut hanya dengan karcis masuk Rp.10.000 saja.

sawah di desa sembalun strawbery di sembalun

Puas menikmati buah strawberry, kita bisa mengunjungi kampong adat Beleq. Dalam Bahasa sasak “beleq” berarti besar atau bisa juga berarti induk. Kampung adat Beleq dulunya merupakan tempat tinggal leluhur masyarakat Sembalun. Konon ceritanya, zaman dahulu ketika terjadi letusan Gunung Rinjani, masyarakat Sembalun mengungsi meninggalkan desa.

Hanya ada tujuh kepala keluarga yang kembali dan membangun desanya. Itulah sebabnya di kampong adat Beleq hanya terdapat tujuh rumah adat saja. Ketujuh rumah adat tersebut kini tidak dijadikan tempat tinggal karena masyarakat sembalun sudah keluar dari kampung adat dan membangun rumah bergaya modern.

WISATA BUKIT DI DESA SEMBALUN

liburan bersama keluarga di lombok

Untuk wisatawan yang menyukai aktivitas pendakian (soft trekking), di sekiar Desa Sembalun terdapat beberapa bukit yang bisa dinikmati keindahannya, diantaranya adalah bukit Nanggi, Bukit Pergasingan dan dan bukit anak dara.

Bukit pergasingan memiliki ketinggian sekitar 1700 meter di atas permukaan laut. Bukit ini menjadi salah satu spot terbaik menikmati sunrise dan sunset di Pulau Lombok. Dari atas bukit ini, kita bisa menatap keindahan Gunung Rinjani yang seolah berada tepat di depan kita.Bukit ini dinamakan bukit pergasingan karena dulunya masyarakat Desa Sembalun suka menjadikan bukit ini sebagai tempat bermain gasing. Permainan gasing adalah salah satu permainan tradisional yang populer di masyarakat suku sasak Lombok. Selain bukit pergasingan, terdapat juga bukit lain yang tak kalah indahnya seperti Bukit Selong, Bukit Nanggi, dan Bukit Anak Dara.

Bukit Pergasingan sembalun bukit-pergasingan

bukit pergasingan Menikmati keindahan rinjani dan desa sembalun dari bukit pergasingan. Pemandangan yang sangat menakjubkan

 

Sementara Bukit Nanggi, terletak di Sembalun Bumbung, dari bawah jalan kaki sekitar 4 jam, ketinggian 2300 mdpl, lebih tinggi dari Bukit Pergasingan dan Anak Dara. Dengan kemiringan sekitar 40 hingga 85 derajat, beberapa trek pendakian bukit nanggi masih cukup sulit untuk di lewati.

Untuk menikmati destinasi wisata Bukit Nanggi maka anda bisa masuk melalui jalur pendakian yang telah dibuat oleh pengelola bukit ini. Jalur pendakian Bukit Nanggi terletak sekitar 600 m di sebelah selatan Kompleks Rumah Adat Sembalun Bumbung/Lapangan Umum Sembalun Bumbung.

camoing Di bukit nanggi sembalun Bukit Nanggi Bukit Nanggi sembalun

Nikmati Pesona keindah desa sembalun bersama sasambo Tour, lihat paket wisata desa sembalun.

LEMBAH SEMBALUN, BEST HALAL HONEYMOON DESTINATION

honeymoon lembah sembalun

Keindahan Desa Sembalun yang dipagari bukit-bukit cantik dan seolah dipayungi keindahan Gunung Rinjani menjadi tempat yang tepat bagi anda untuk menghabiskan masa-masa bulan madu bersama pasangan. Jauh dari hiruk-pikuk kota, di Desa Sembalun terdapat beberapa villa yang bisa dijadikan tempat penginapan. Menikmati malam bersama angin dingin akan menambah suasana romantis bersama pasangan.

Diwaktu pagi anda bisa berjalan menghirup udara segar sambil menatap hijau sawah akan menguatkan cinta pasangan yang baru menikah. Suasana yang tepat untuk mengabadikan moment dalam frame foto pasca wedding. Pengalaman yang tak akan terlupa bukan?.

Pesona Desa Sembalun seolah syurga tersembunyi di kaki Gunung Rinjani yang selalu memanggil setiap wisatawan untuk kembali berkunjung. Kami team Sasambotour.com akan menceritakan kepada anda tentang keseruan mendaki bukit-bukit di Sembalun pada postingan selanjutnya. So, let’s get lost in Lombok with us!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This