Berkunjung ke Sembalun tidak lengkap rasanya jika tidak singgah di Desa beleq, rumah adat Sembalun. Jika anda pecinta wisata budaya, Desa beleq harus ada dalam itinerary perjalanan Anda. Desa beleq merupakan peninggalan para leluhur desa sembalun, masih tetap dirawat dan dijaga, untuk mengenang sejarah desa yang pada beberapa abad silam pernah dihancurkan oleh letusan dahsyat Gunung Rinjani.

Sejarah lengkap Desa Sembalun bisa anda lihat pada postingan sebelumnya “Desa sembalun, Desa tertua di kaki rinjani“.

rumah adat sembalun

Di dalam kompleks Desa Beleq terdapat 7 buah rumah adat, 2 geleng tempat penyimpanan harta benda, 1 bale malang atau langgar tempat rapat dan beribadah, serta satu batu bertuah yang disebut pasek gumi, didekat pasek gumi terdapat batu delpak yang berfungsi sebagai kendaraan wali/pengulu ketika hendak patroli khusus untuk keamanan kedatuan tanak sembahulun (patroli untuk menjaga keamanan desa sembalun).

Di Desa sembalun, Anda juga bisa menikmati pesona keindahan Bukit pergasingan, Bukit Nanggi dan wisata air terjun mangku sakti.




Rumah adat Desa Beleq terbuat dari jerami (daun Ilalang) dan berdinding anyaman bambu (bedek). Lantainya dibuat dari tanah liat yang dicampur dengan kotoran kerbau dan abu jerami. Campuran tanah liat, kotoran kerbau dan jermai ini membuat lantai tanah pada desa beleq mejadi padat dan keras.

Desa beleq sembalun

Keseluruhan Rumah adat sembalun ini bisa anda lihat dengan mendaki Bukit selong yang tepat berada disebelahnya. Dari Bukit selong ini,  Anda juga bisa menikmati keindahan petak-petak sawah desa sembalun yang berjejer rapi. Tempat ini merupakan spot photo yang sangat bagus.

 

Bukit selong sembalun

Nama-nama Ruangan di Rumah Adat Sembalun

  1. Bale Gada adalah khusus untuk menyimpan persenjataan seperti keris, pedang, tombak, cendekan dll.
  2. Bale Maling adalah tempat menaruh alat sehari-hari seperti cangkul, linggis, palu, sabit, parang, golok, lading, timpas dsb.
  3. Bale Botol adalah tempat menyimpan berbagai botol minyak goreng, minyak tanah, minyak obat dsb.
  4. Bale Dalem adalah tempat menyimpan logistik dan tempat anak gadis yang sudah remaja.
  5. Ringga adalah tempat menaruh makanan siap saji yang digantung persis di tengah rumah dan tidak terjangkau anak-anak.
  6. Pepara adalah tempat menyimpan soak (tempat menyimpan pakaian), sesokan, tempat menyimpan ipuq (tempat uang dsb).
  7. Soak adalah alat yang terbuat dari daun lontar untuk dijadikan lemari penyimpan pakaian dan aksesoris lainnya.
  8. Kekeben adalah alat seperti soak tetapi terbuat dari anyaman bambu.
  9. Kero’an adalah alat gegesek khusus untuk menaruh kitab suci (Al-quran).

Itulah sedikit penjelasan tentang Desa Beleq, rumah adat sembalun. Untuk penjelasan lebih lengkapnya silahkan anda berkunjung langsung ke Lembah sembalun sambil menikmati pesona daerah yang pada tahun 2016 kemarin dinobatkan sebagai Best Halal Honeymoon destinations pada ajang internasional Wisata halal dunia.



Bagi anda yang ingin berwisata ke Lembah sembalun, sasambo tour menyediakan paket perjalan satu hari ke lembah sembalun, mengunjungi berbagai tempat seru di salah satu desa tertua di lombok ini. Lihat paket wisatanya di sini : Paket Wisata Desa Sembalun.

Selamat berwisata.

Pin It on Pinterest

Shares
Share This