Pesona Air Terjun Benang Stokel

Pada kesempatan kali ini, team Sasambo Tour (Wisata Lombok Sumbawa) akan membawa anda mengunjungi salah satu destinasi wisata Air terjun terkenal yang ada di lombok, Air Terjun Benang Stokel. “Benang Stokel” dalam bahasa lokal (sasak) berarti segumpal benang. Air terjun benang stokel memiliki dua air terjun, sehingga warga setempat juga menamainya dengan dengan air terjun Kembar. Memiliki ketinggian sekitar 20 M, dengan debit air yang cukup besar ketika musim hujan.

Pada kesempatan sebelumnya, Team sasambo tour juga telah berkunjung beberapa destinasi wisata Air Terjun di Lombok, dianataranya Air Tejun Tiu teja dan Air tejun Tiu Sekeper

LEGENDA

Mitos yang berkembang di Masyarakat, Air Terjun Benang Stokel merupakan air terjun tempat Dewi Anjani membersihkan diri. Dewi Anjani dalam masyarakat lombok adalah sosok dewi yang berparas cantik yang tinggal di Gunung Rinjani. Pada waktu-waktu tertentu Dewi Anjani turun dari Gunung Rinjani untuk mandi dan membersihkan Rambutnya di BENANG STOKEL. Oleh karena itu, banyak pengunjung yang langsung mandi di bawah air terjun ini.  Konon menurut kepercayaan masyarakat setempat, setiap kali mandi di tempat ini akan membuat orang keliatan satu tahun lebih muda.

LOKASI

Air terjun Benang Stokel terletak di Kabupaten Lombok Tengah, tepatnya di Dusun Pemotoh, Desa Aiq Beriq, Kecamatan Batu Keliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah (Loteng), Propinsi Nusa Tenggara Barat. Berjarak 30 Km dari kota Mataram, membutuhkan waktu sekitar 30 – 50 Menit perjalanan jika menggunakan speda Motor dan sekitar 1 jam perjalanan jika menggunakan Mobil. Para pengunjung akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp. 5000,- untuk Roda dua, dan Rp. 10.000,- untuk roda empat, biaya parkir ini sekaligus sebagai tiket masuk ke kawasan wisata air Terjun benang Stokel.

Kondisi Jalan dari Tempat parkir ke lokasi Air terjun Benang Stokel cukup Bagus, Sudah dipasang Paving Blok. Disepanjang perjalanan menuju lokasi Air Terjun, anda akan menemukan banyak penjual aneka makanan. Jalan-jalan sambil kulineran, seru bukan??

Di Lokasi Air Terjun, sudah banyak dibangun Gazebo (Berugak, sasak red) untuk wisatawan, sehingga berwisata ke BENANG STOKEL bersama teman-teman dan keluarga akan semakin seru.

Air terjun Benang Stokel

 

Air terjun Benang Stokel

Tidak jauh dari lokasi Air terjun benang Stokel, berjalan sekitar 1 km terdapat juga air terjun Benang Kelambu. Air terjun Benang Kelambu terkesan sedikit lebih indah dari Benang setokel, sehingga Para pengunjung Benang Stokel biasanya selalu menlanjutkan perjalanan ke BENANG KELAMBU. Melewati jalan setapak yang dibeberapa jalurnya agak terjal, pastikan stamina anda cukup untuk melanjutkan perjalanan ke Benang Kelambu. Pada kesempatan berikutnya, sasambo tour akan menceritakan perjalanan seru ke Benang Kelmbu. Lets get lost in lombok and sumbawa

Pin It on Pinterest

Shares
Share This