Pada kesempatan sebelumnya kita pernah membahas Kuliner Khas Pulau lombok dan Beberapa tempat belanja Oleh-oleh khas di Lombok. Pada kesempatan yang baik ini, Team SASAMBO TOUR | Wisata Lombok sumbawa, kembali mengajak anda untuk mengintip 8 Jajanan Khas Lombok.

Kuliner khas Pulau Lombok sangat diminati oleh para wisatawan yang berkunjung. Keanekaragaman jenis kuliner di Pulau Lombok menjadi salah satu daya tarik wisata daerah. Ada beberapa kuliner khas Lombok yang sudah terkenal hingga ke mancanegara seperti pelecing kangkung, ayam taliwang, dan sayur ares. Selain kuliner yang sudah terkenal tersebut, Pulau Lombok juga menyajikan berbagai macam jajanan khas Lombok yang bisa menjadi pilihan untuk dinikmati para pecinta wisata kuliner.

Lihat juga 13 Kuliner Lombok yang tak boleh terlewatkan dan tulisan 12 Tempat belanjan Oleh-oleh kahas Lombok

Berikut Adalah 8 jajanan khas Lombok

1. Banget atau Jaje Reket

jajanan khas lombok jaje tujak

jajanan khas lombok jaje reket

Jajanan khas Lombok yang pertama adalah jajanan Banget atau biasa juga disebut jaj Reket. Banget merupakan jajan khas Lombok yang terbuat dari ketan yang dikukus. Sedangkan Jaje Reket terbuat dari Banget yang dibungkus menggunakan daun pisang dengan bentuk panjang. Jaje Reket bisa terbuat dari beras ketan putih maupun beras ketan hitam.

Jaje Reket sangat nikmat jika dijadikan Timbung dengan cara dibakar. Aroma ketan yang dibungkus daun pisang menjadikan jajan yang satu ini begitu menggugah selera. Timbung banyak dijual di pasar-pasar tradisional Lombok. Akhir-akhir ini banyak penjual yang menjajakan timbung di sekitar lampu merah mantang, Lombok Tengah.



2. Wajik

jajanan khas lombok wajik

Jajanan khas lombok berikutnya adalah wajik. Wajik di Pulau Lombok ada dua jenis yaitu wajik merah dan wajik hitam. Wajik merah saya temukan di masyarakat Lombok Timur. Wajik merah terbuat dari Ketan yang di kukus setengah matang, dan dicampur dengan gula merah. Setelah tercampur rata, ketan tersebut dikukus kembali hingga matang dan dibentuk di atas nampan.

Wajik hitam biasa dibuat untuk penganan pada saat upacara adat oleh masyarakat Pujut, Lombok Tengah. Wajik hitam terbuat dari ketan hitam yang sangrai kemudian dicampur dengan air gula merah. Dimasak hingga ketannya agak lunak.

3. Tareq atau Goro-goro

jajanan khas lombok jaje goro-goro

Tareq atau Goro-goro merupakan jajan khas Lombok yang terbuat dari tepung beras. Tepung beras di kukus kemudian diuleni dengan santan kelapa. Ditambahkan sedikit larutan kapur sirih agar renyah. Setelah itu dibentuk seperti bunga dan digoreng hingga renyah.

4. Tumbek

Jajanan khas lombok tumbek
Tumbek adalah jajan khas Pulau Lombok yang terbuat dari tepung ketan yang dicampur dengan gula merah dan kelapa parut. Campuran bahan tersebut di kukus hingga matang. Setelah itu, isi tumbek dimasukkan ke dalam kulit tumbek yang dibuat dari daun kelapa dan dikukus hingga daun kelapa layu.

5. Renggi

jajanan khas lombok renggi

Renggi merupakan jajan khas Pulau Lombok yang terbuat dari ketan yang dikukus. Ketan tersebut dibentuk bulat dan dijemur. Setelah kering, renggi digoreng hingga renyah. Zaman dahulu, renggi khas suku sasak dibuat sangat besar hingga sebesar nampan. Akan tetapi, saat ini renggi dibuat dengan ukuran kecil-kecil agar lebih mudah disajikan.

6. Nagasari

jajanan khas lombok nagasari

Nagasari merupakan jajan khas Lombok yang terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan santan kelapa dan gula. Adonan tersebut dimasak hingga mengeras. Selama proses memasak, adonan terus diaduk supaya matangnya merata. Setelah dingin, bahan dibungkus dengan daun pisang dengan isian buah pisang atau nangka ditengahnya. Setelah itu dikukus hingga daun pisang pembungkusnya layu.

7. Tikel (bantal)

bantal-kuliner-lombok

Tikel atau kue bantal merupakan salah satu jajan favorit masyarakat Lombok. Tikel terbuat dari beras ketan yang dicampur parutan kelapa dan garam. Campuran bahan dibungkus dengan daun kelapa dengan isian buah pisang. Setelah jadi, tikel direbus hingga matang. Tikel banyak ditemukan di wilayah Lombok Timur atau bisa juga dibeli di pasar-pasar tradisional.


8. Lupis

jajanan khas lombok

Lupis terbuat dari beras ketanĀ  yang dibungkus dengan daun pisang dan direbus hingga matang. Dalam penyajiannya ketan tersebut dipotong-potong dan dicampur enten. Enten merupakan campuran kelapa parut dan gula merah yang telah dimasak. Lupis dapat dibeli di pasar-pasar tadisional di Pulau Lombok.
Itulah 10 Jajan khas yang bisa anda nikmati saat liburan ke Pulau Lombok. Bagi pecinta wisata kuliner, sebaiknya mencari panganan khas Lombok di pasar tradisional seperti di Pasar cakranegara, Pasar Kebon Roek di Ampenan, Pasar Renteng di Lombok Tengah, atau di Pasar Masbagik Lombok Timur.

Pin It on Pinterest

Shares
Share This