Wisata Lombok | Trend traveling di Indonesia semakin diminati dikalangan masyarakat. Bukan hanya kaum muda yang suka jalan-jalan, para orang tua juga tak mau ketinggalan. Kini traveling sudah menjadi gaya hidup sebagian besar masyarakat. Tujuan traveling kini bukan hanya sekedar berlibur, akan tetapi mencari dan mengunjungi destinasi yang tak biasa.

Destinasi yang Unik di Wisata Lombok

wisata lombok pantai nipah

Wisata Lombok kini mulai dilirik banyak wisatawan Lokal maupun mancanegara karena menyajikan destinasi-destinasi wisata yang unik dan menarik. Gili Trawangan yang sudah populer ke seantero dunia, Gunung Rinjani yang selalu dirindukan para pendaki menjadi magnet bagi wisatawan yang berkunjung. Selain itu, Lombok memiliki beberapa destinasi unik untuk dikunjungi. Berikut team www.sasambotour.com akan menuliskan 7 destinasi wisata yang unik di Pulau Lombok.

1. Hutan Lian Purba

wisata lombok hutan rimba

Hutan pohon Lian Purba mengingatkanku pada film The Hobbit. Berdiri di bawah poho-pohon besar yang menjulang membuatku merasa begitu kecil. Pohon Lian sudah ada di Pulau Lombok sejak penjajahan Belanda. Usia pohon Lian tersebut sudah ratusan tahun. Tidak ada masyarakat yang menebang pohon-pohon Lian tersebut. Menurut penjaga yang ada di Hutan Lian, pohon Lian hanya tumbuh di lokasi itu saja karena pertumbuhan pohon tersebut sangat sulit.

Hutan Lian Purba terletak di Lombok Timur, tepatnya di pinggir jalan menuju penyebrangan ke Gili Kondo. Jika dari Kota Mataram, anda bisa mengmabil jalur ke arah pelabuhan Kayangan Lombok, akan tetapi berbelok kiri di pasar Labuhan Lombok. Anda bisa bertanya kepada masyarakat sekitar karena Hutan Lian Purba cukup terkenal di kalangan masyarakat.

2. Kampung Belanda

kampung belanda di lombok wisata lombok

Wisata Lombok unik lainnya adalah KampungĀ  Belanda. Kampung belandan adalah julukan untuk sebuah kampung yang terletak di Desa Narmada. Kampung ini dulunya menjadi lokasi penting saat Belanda menjajah Pulau Lombok. Di tempat ini kita bisa menemukan sebuah pipa air besar yang dibangun ratusan tahun yang lalu oleh pasukan Belanda.

Untuk mengunjungi lokasi tersebut, anda harus masuk ke kawasan Taman Narmada yang terletak di Desa Narmada, Kabupaten Lombok Barat. Anda cukup membeli tiket Rp.5000 dan bertanya kepada penjaga loket karcis lokasi kampung Belanda.

3. Pantai Tebing

Pantai tebing Lombok

Pantai Tebing merupakan pantai berdinding tebing unik di Pulau Lombok. Berdasarkan keterangan yang tertulis di papan informasi yang terpasang di dekat pantai, tebing di Pantai ini terbentuk akibat endapan lava letusan gunung Tambora tahun 1815. Pantai tebing menjadi populer sekitar satu tahun terakhir setelah foto-fotonya beredar di media sosial.

Pantai Tebing menjadi salah satu wisata lombok yang menjadi tujuan utama para wisatawan akhir-akhir ini. Pantai Tebing terletak di wilayah Gangga, Kabupaten Lombok utara. Pantai ini sangat cocok untuk melakukan foto prewedding atau menikmati sunset. Belum ada fasilitas yang tersedia di Pantai Tebing, bahkan untuk memasuki area pantai ini kita tidak membutuhkan tiket masuk.

4. Masjid kuno Gunung Pujut

wisata lombok masjid gunung pujut

Wisata Lombok semakin lengkap dengan keberadaan beberapa Masjid kuno yang masih terawat sampai sekarang. Lombok memang terkenal dengan sebutan pulau seribu masjid. Hampir di setiap kampung memiliki masjid karena mayoritas masyarakat Lombok memeluk agama islam. Di antara sekian banyak masjid di Pulau Lombok terdapat beberapa masjid kuno, salah satunya adalah Masjid Gunung Pujut.

Keunikan Masjid Kuno gunung Pujut adalah letaknya yang berada di puncak Gunung Pujut, Dusun Penambong, Desa Sengkol, Kecamatan Pujut, Lombok tengah. Gunung Pujut sebenarnya lebih layak disebut bukit karena hanya membutuhkan 30 menit saja untuk sampai ke puncaknya. Selain letaknya, keunikan dari masjid ini adalah dindingnya terbuat dari anyaman bambu (bedek). Atap masjid ini terbuat dari ilalang.

5. Pantai Pink

wisata pantai di lombok timur

Pantai Pink kini menjadi salah satu destinasi wisata andalan Pulau Lombok. Meski jalan yang harus dilalui untuk mencapai pantai ini masih terbilang buruk, akan tetapi Pantai Pink selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Keunikan dari Pantai Pink adalah pasir pantainya bercampur dengan pecahan ganggang merah. Hal tersebut menyebabkan pantai ini terlihat pink. Ada waktu-waktu tertentu pantai ini terlihat pink yaitu saat pasir terkena ombak dan dalam waktu bersamaan matahari tidak terik. Moment tersebut bisa dinikmati saat sunset atau sunrise bertepatan dengan air laut pasang. Ingin berkunjung ke Pantai Pink Lombok? Lihat Paket wisata pantai Pink Lombok

6. Kampung Adat Sade

Desa sade lombok

Kampung Adat Sade merupakan kampung adat suku sasak Lombok. Terletak di Desa Rembitan, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, kita hanya membutukan waktu perjalanan sekitar 30 menit dari Bandara Internasional Lombok.

Keunikan dari Kampung Adat Sade adalah bangunan rumah masyarakat yang masih mempertahankan arsitektur rumah adat suku sasak Lombok yang disebut bale tani. Bale Tani sangat unik karena dindingnya terbuat dari bedek bambu. Atap rumah terbuat dari ilalang. Dan Lantainya dari tanah liat yang dilapisi dengan kotoran sapi.

Banyak wisatawan yang heran saat memasuki rumah adat suku sasak tersebut karena walaupun dipel dengan kotoran sapi atau kerbau, akan tetapi sama sekali tidak bau. Fungsi dari lapisan kotoran sapi pada lantai adalah untuk membuat lantai tetap hangat karena masyarakat hanya tidur dengan beralaskan tiakr. Selain itu, fungsinya adalah untuk memperkuat lantai tanah agar tidak mudah rusak.

7. Gili Pasir dan Gili Kapal

Gili pasit dan gili kapal

Gili Pasir dan Gili Kapal merupakan gili yang unik di Pulau Lombok. Kedua gili ini merupakan pasir yang menyembul ke permukaan laut saat air laut surut. Saat air laut pasang maka secara otomatis kedua gili tersebut tak terlihat. Gili Pasir terletak di Tanjung Luar, Kecamatan Keruak, Lombok Timur. Sedangkan Gili Kapal terletak di dekat Gili Kondo dan masih juga dikawasan Lombok timur.

Kedua Gili tersebut menjadi alternatif wisata Lombok yang unik bagi wisatawan yang berkunjung ke Lombok selain tiga gili yang sudah sangat terkenal yaitu Trawangan, Air, dan Meno.

Pin It on Pinterest

Shares
Share This