Jalan-jalan ke Pulau Lombok tidak akan terasa lengkap tanpa membawa pulang berbagai macam oleh oleh khas Lombok. Lombok terkenal dengan berbagai macam kerajinan dan makanan khas yang sayang jika tak di jadikan souvenir sehabis liburan. Aneka perhisan mutiara, berbagai motif kain tenun, aneka jajanan khas, serta baju khas Lombok sangat menarik minat para pelancong yang datang baik itu yang berasal dari dalam negeri maupun mancanegara.

Kali ini, team sasambotour.com akan berbagi tulisan tentang tempat-tempat yang bisa dijadikan tempat berbelanja oleh oleh khas Lombok. Bagi penggermar wisata belanja, tempat-tempat ini wajib dikunjungi jika liburan ke Pulau Lombok.

Berikut Tempat Belanja Oleh oleh Khas Lombok

1. Pasar seni Sayang-sayang

pasar-seni-sayang-sayang

Pasar seni ini terletak di wilayah Sayang-sayang, kota Mataram. Di pasar seni ini, para wisatawan bisa membeli Aneka Kerajinan khas daerah Lombok berupa Kain Tenun, anyaman rotan, kerajinan dari kayu dll.

Kerajinan kayu daerah Lombok memiliki keunikan berupa cukli. Cukli merupakan hiasan atau ornament pada kerajinan kayu yang terbuat dari kulit kerang mutiara.

2. Mataram Craft Centre (MCC)

mataram craft center

Mataram Craft Centre (MCC) terletak di Sekarbela, kota Mataram. Di sini anda bisa membeli oleh-oleh berupa perhiasan mutiara Lombok. Sepanjang jalan Sekarbela anda akan menemukan banyak sekali toko perhiasan mutiara.

Mutiara Lombok terdiri dari dua jenis yaitu mutiara air laut dan mutiara air tawar. Mutiara air tawar harganya jauh lebih murah yaitu puluhan ribu hingga ratusan ribu. Sedangkan mutiara air laut harganya mencapai puluhan juta rupiah. Perhiasan mutiara yang bisa dibeli ditempat ini berupa kalung, gelang, bros, jam tangan, dll.



3. Samping Mataram Mall

gerabah-lombok

Sepanjang jalan di samping Mataram mall berderet artshop yang menjual berbagai macam oleh-oleh khas Lombok. Mulai dari kain tenun, makanan khas, kaos Lombok, perhiasan mutiara bisa anda temukan di sini. Pilihan tempat yang berada di pusat kota Mataram membuat pusat belanja oleh-oleh selalu ramai pengunjung. Anda harus pandai menawar harga karena harga di sini relative mahal.

4. Pasar seni Kute

pasar seni kute lombok

Di sepanjang jalan dekat pantai Kute Lombok tengah anda bisa menjumpai berbagai art shop yang menjual oleh oleh khas Lombok. Di sini juga banyak di jual kreatifitas dari kain tenun Lombok seperti tas, kain pantai dll. Aneka gelang dan kalung unik dari kayu atau dari kerajinan kulit kerang mutiara bisa ditemukan di sini.

5. Desa adat Sade

Oleh oleh khas Lombok

Desa adat Sade berada di Lombok tengah. Jaraknya sekitar 15 km dari Bandara Internasiona Lombok. Di desa adat ini, anda bisa berbelanja kerajinan Kain Tenun Lombok. Anda juga bisa mencoba menenun bersama ibu-ibu di sana. Selain kain tenun, di sini juga anda bisa membeli gelang dan kalung unik.

6. Desa Sukerare

tenun lombok

Desa sukerare terkenal sebagai desa tenun di Pulau Lombok. Di desa ini, hampir semua rumah warga memiliki artshop yang menjual kain tenun khas Lombok berupa songket dan jenis tenun lainnya. Desa Sukerare berada di kabupaten Lombok tengah.

7. Pasar Cakranegara

Oleh oleh khas lombok

Pasar cakranegara merupakan pasar tradisonal terbesar dan terlengkap di Pulau Lombok. Pasar ini menyediakan berbagai macam barang kebutuhan sehari-hari maupun oleh-oleh khas Lombok. Hampir semua jenis oleh-oleh bisa anda temukan di pasar ini. Pasar ini ada di wilayah cakranegara, Kota Mataram. Pasar buka dari pagi hingga sore hari.

8. Desa Banyumulek

dsa-gerabah-banyumulek

Banyumulek adalah desa yang berada di kecamatan Kediri, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Banyumulek merupakan sentra industri gerabah di seantero Pulau Lombok sejak tahun 1990-an, di mana 80% penduduknya berkecimpung dalam pekerjaan tersebut. Di tempat ini, anda bisa membeli aneka macam perabot unik yang dihiasi dengan cukli atau kulit kerang mutiara.

9. Desa Pringgasela

tenun pringgasela

Beberapa kain tenun yang paling diminati dari KAIN TENUN PRINGGASELA yaitu Sari menanti dan Pucuk Rebung

Sekitar 10 Km dari Kota selong terdapat sebuah desa penghasil Kain tenun yang cukup terkanl di Lombok, yakni Desa Pringgasela. Beberapa kain tenun yang paling diminati dari KAIN TENUN PRINGGASELA yaitu Sari menanti dan Pucuk Rebung. Kain tenung Pringgasela oleh pemerintah daerah Lombok Timur sudah ditetapkan sebagai Pakaian Dinas PNS. Art Shop yang menjual aneka kerajinan khas Lombok sudah banyak ditemukan di Pringgasela. Jika anda ingin melihat secara langsung proses oembuatan kain tenun, ada bisa masuk ke perumahan penduduk, biasanya masyarakat pringgasela menggunakan waktu senggang mereka untuk menenun kain.


10. Desa kelayu

bantal-kuliner-lombok

Tidak jauh dari Kota selong, terdapat sebuah desa penghasil aneka jajanan tradisional khas Lombok. Desa kelayu masih termasuk dalam kecamatan Selong Lombok Timur, merupakan desa penghasil oleh-oleh khas Lombok berupa jajan tradisonal. Di sini anda bisa membeli berbagai jajanan tradisonal seperti dodol rumput laut, rengginang, dll.

11. Taman Hutan Suranadi

taman-suranandi

Taman hutan suranadi terkenal dengan wisata Kuliner Khas Lombok, terutama Sate bulayak. Tempat ini sangat ramai dikunjungi ketika hari-hari libur dan akhir pekan. Di Taman Suranadi, Lombok Barat anda juga bisa membeli oleh-oleh khas Lombok berupa dodol. Aneka macam dodol yang terbuat dari ketan dengan rasa nangka, sirsak, dan rasa buah lainnya bisa anda temukan disini.

12. Senggigi

Art shop senggigi

Berbelanja sambil menikmati keindahan pantai di senggigi, menawarkan kesenangan sendiri. Sepanjang jalan memasuki area pantai Senggigi terdapat banyak sekali artshop yang menawarkan aneka ragam kerajinan yang bisa anda jadikan oleh oleh setelah berkunjung dari Lombok.

Pin It on Pinterest

Shares
Share This