Air terjun Tiu Teja adalah destinasi wisata yang popular baru-baru ini. Terletak di Desa Santong, Kec. Kayangan, Lombok Utara, air terjun ini menjadi salah satu tujuan wisata unggulan di Pulau Lombok. Beberapa waktu ini, dinas pariwisata cukup gencar mempromosikan air terjun Tiu Teja baik kepada wisatawan local maupun wisatawan mancanegara. Air terjun ini biasa disebut air terjun kembar karena terdapat dua aliran air besar air terjun yang memberikan pemandangan luar biasa indahnya.

LOKASI AIR TERJUN TIU TEJA

tiu teja waterfall

Untuk mencapai Lokasi air terjun Tiu Teja, anda membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam perjalanan dari Kota Mataram. Ada dua alternatif jalan yang bisa anda lalui. Jika anda menyukai suasana pegunungan, anda bisa melewati jalan puncak Pusuk. Di jalan ini, anda bisa beristirahat sambil menikmati jagung bakar. Di tempat ini, terdapat banyak kawanan kera yang cukup jinak. Anda bisa memberi kera makan sambil mengambil foto dengan latar pengunungan yang indah. Akan tetapi, jika anda menyukai jalan dengan pemandangan laut dan pantai di pinggirnya, anda bisa melewati Senggigi. Mata anda benar-benar akan dimanjakan oleh pemandangan yang indah. Anda bisa istirahat di bukit Malimbu sambil menikmati jagung bakar atau istirahat di pantai Nipah sambil menikmati ikan bakar dan pelecing kangkung yang sangat lezat.

tiu teja waterfall

Setelah tiba di pintu gerbang masuk Tiu Teja, anda akan diminta untuk membayar biaya karcis masuk sebesar Rp. 3000,- perorang. Dari gerbang utama ini, perjalanan akan dilanjutkan dengan melewati jalan yang cukup menantang. Jalan ini belum bisa dilewati dengan mobil karena masih sempit tapi masih bisa di lalui dengan sepeda motor. Pada musim hujan trek ini bisa licin dan berlumpur, dan sangat susah dilalui jika naik motor berboncengan.

Sekitar 15 menit, anda akan sampai di tempat parkir dan dari sini anda harus berjalan. Melewati anak tangga yang cukup banyak untuk sampai ke bawah dan menikmati air terjun. Rasa lelah selama perjalanan akan terbayar saat anda sampai di dekat air terjun yang dingin dan segar. Pada musim hujan debit air terjun ini sangat besar, tapi akan sedikit berkurang di musim kemarau. Hal tersebut tidak mengurangi keindahan air terjun Tiu Teja. Air terjun ini masih sangat alami dan bersih dari sampah. Anda harus mandi dibawah guyuran air agar bisa merasakan sensasi kesegaran ketika air dingin menerpa tubuh anda.

Setelah puas di air terjun Tiu Teja, anda bisa melanjutkan petualangan ke air terjun tertinggi di Pulau Lombok yaitu air terjun Tiu Sekeper, tapi jika anda masih mempunyai waktu yang cukup, karna perjalanan ke Air terjun ini membutuhkan waktu paling tidak 4 jam perjalan bolak-balik.

Pin It on Pinterest

Shares
Share This